detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 04 Apr 2020 07:00 WIB

MotoGP Ditunda, Tim-tim Satelit Dapat Suntikan Dana

Adhi Prasetya - detikSport
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 11: The MotoGP riders start from the grid during the MotoGP race during the MotoGp of Austria - Race at Red Bull Ring on August 11, 2019 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Bantuan finansial akan diberikan kepada tim-tim independen MotoGP. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Kondisi keuangan sejumlah tim MotoGP terganggu karena tak kunjung dimulainya balapan musim ini. Dorna Sports pun akan memberikan bantuan finansial kepada tim-tim tersebut.

Hingga kini, sudah ada 6 balapan MotoGP 2020 yang batal ataupun digeser jadwalnya akibat wabah virus corona yang terjadi di seluruh dunia. Kondisi ini membuat pendanaan tim-tim satelit di MotoGP menjadi mandek.

Sebab, kebanyakan dari mereka bergantung kepada pendapatan per balapan yang diterima dari sponsor. Hal ini berbeda dengan tim-tim pabrikan yang memiliki pendanaan yang bagus.

Demi mencegah terjadinya goncangan finansial di tim-tim satelit tersebut, Dorna pun turun tangan. Penyelenggaran MotoGP ini akan memberikan bantuan finansial selama tiga bulan ke depan untuk tim-tim satelit.

Tak hanya tim-tim satelit, seluruh tim di kelas Moto2 dan Moto3 juga akan mendapat bantuan yang sama.

"Pandemi virus corona ini berdampak pada banyak orang, juga industri, serta ajang olahraga di seluruh dunia, termasuk balapan MotoGP," tulis pernyataan resmi Dorna, Jumat (3/4/2020).

"Lewat persetujuan dari FIM dan komitmen penuh dari para pemegang saham Bridgepoint Capital dan CPP Investments, Dorna Sports dengan bangga memastikan bantuan untuk tim-tim satelit MotoGP agar dapat melewati momen-momen sulit sekarang ini. Bantuan juga akan diberikan pada tim-tim Moto2 and Moto3."

"Melalui International Road-Racing Teams Association (IRTA), tim-tim satelit MotoGP masing-masing akan menerima pembayaran selama April-Juni, terlepas kapan balapan akan kembali dimulai. Hal ini untuk menjamin kesehatan ekonomi tim-tim satelit MotoGP beserta stafnya, serta memastikan adanya pemasukan untuk mereka di masa depan."

"Selain itu, IRTA sudah melakukan pembayaran kepada seluruh tim Moto2 dan Moto3 untuk mendukung mereka di masa-masa sulit ini," sambung pernyataan tersebut.

Tak disebut berapa angka yang dikucurkan Dorna untuk tim-tim tersebut. Musim ini, tim-tim satelit yang ikut balapan MotoGP di antaranya LCR Honda, Red Bull KTM Tech 3, hingga Petronas Yamaha SRT.



Simak Video "MotoGP 2020 Diyakini Start di Spanyol Bulan Juli"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com