detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 15 Mei 2020 02:47 WIB

MotoGP 2020 Tanpa Wildcard, Lorenzo Batal Comeback

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Jorge Lorenzo batal comeback di MotoGP 2020 usai sistem wild card dihapus karena pandemi virus corona. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp) Jorge Lorenzo batal comeback di MotoGP 2020 usai sistem wild card dihapus karena pandemi virus corona. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Tak hanya mengacaukan jadwal MotoGP 2020, virus corona juga menyebabkan Jorge Lorenzo urung balapan lagi. Dorna Sport dikabarkan menghapus sistem wild card.

Setelah pensiun pada akhir musim lalu, Lorenzo kembali ke Yamaha sebagai pebalap penguji. Juara dunia MotoGP tiga kali itu lantas mendapat kesempatan comeback dengan balapan di seri Catalunya, yang sejatinya digelar 7 Juni mendatang.

Akan tetapi, virus corona memaksa sejumlah balapan dibatalkan dan memundurkan beberapa seri lainnya. Balapan Catalunya sendiri belum jelas nasibnya.

Saat ini musim balap 2020 direncanakan bisa start di Jerez, Spanyol pada 19 Juni. Demi mengurangi risiko penyebaran virus corona, Dorna Sports mengambil langkah untuk membatasi jumlah personil tim di paddock. Itu berarti sistem wildcard mesti dihapus untuk seluruh kelas; Moto3, Moto2, dan MotoGP.

Pada awalnya setiap tim pabrikan punya opsi untuk menurunkan tiga wild card setiap musimnya, dengan satu wild card secara tradisi dijatah untuk pebalap peguji. Penghapusan wild card tersebut diyakini akan diumumkan Dorna Sport pada pekan ini.

Lorenzo memaklumi keputusan tersebut. Lagipula, menurut dia, akan sulit melakoni balapan apabila persiapan tidak maksimal.

masak apa?

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com