detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 13 Jul 2020 13:28 WIB

Siap-siap, MotoGP 2020 Menderu Akhir Pekan Ini!

Mohammad Resha Pratama - detikSport
DOHA, QATAR - FEBRUARY 24: Danilo Petrucci of Italy and Ducati Teamrounds the bend  during the MotoGP Tests at Losail Circuit on February 24, 2020 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP 2020 dimulai akhir pekan ini (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta -

Setelah berbulan-bulan tertunda karena pandemi virus corona, MotoGP 2020 akhirnya bergulir akhir pekan ini. Siap-siap, MotoGP Mania mendengar deru motor di atas lintasan.

MotoGP 2020 harusnya dimulai pertengahan Maret lalu di Qatar. Tapi, teror Covid-19 membuat balapan motor nomor satu dunia itu harus tertunda sekian lama, seperti halnya ajang olahraga lainnya.

Bahkan pandemi ini sempat membuat MotoGP dalam ketidakpastian karena banyak tuan rumah yang akhirnya mengundurkan diri, karena negaranya masih berjuang mengatasi krisis kesehatan ini.

Dari 20 seri yang harusnya dihelat, sembilan di antaranya sudah batal dan tiga masih dalam status tertunda. Alhasil, dengan hanya delapan seri dihelat, Dorna selaku operator MotoGP harus memutar otak untuk menggelar balapan di kondisi saat ini.

Maka dari itu, Dorna memutuskan untuk menghelat lebih dulu seluruh seri di Eropa dan itu pun tanpa penonton. Bahkan jumlah kru yang datang ke setiap seri harus dibatasi.

Eropa dianggap sebagai tempat yang paling aman untuk menggelar MotoGP 2020 karena relatif bisa menekan angka penularan virus corona. Setelah itu baru tiga seri yang tertunda, yakni Thailand, Malaysia, dan Argentina akan dipikirkan.

Ada total 13 seri yang dipertandingkan dengan MotoGP Spanyol jadi pembukanya di Jerez, Minggu (19/7/2020) besok. Tentunya start MotoGP ini akan sangat ditunggu oleh para penikmatnya.

Mereka tentu ingin melihat bagaimana Marc Marquez mempertahankan gelar juara dunianya musim ini. Apalagi Repsol Honda sudah merekrut adiknya, Alex Marquez, untuk mendampingi Marc.

Ancaman terkuat masih datang dari duo Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, serta Andrea Dovizioso dari Ducati. Jika saja Fabio Quartararo bisa tampil konsisten saat balapan, seperti di kualifikasi, pebalap Petronas Yamaha itu bisa mengejutkan.

Apapun itu, seperti apa persaingan MotoGP 2020 baru akan diketahui setelah balapan Jerez digelar. Yang pasti para MotoGP mania akan senang melihat balapan dihelat lagi dan menjadi hiburan di tengah pandemi seperti ini.



Simak Video "MotoGP Batalkan 3 Seri Balapan"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com