detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 16 Jul 2020 06:17 WIB

Quartararo Kena Sanksi di MotoGP Spanyol, Ini Penyebabnya

Adhi Prasetya - detikSport
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 07: Fabio Quartararo of France and Petronas Yamaha SRT  heads down a straight during the MotoGP Pre-Season Tests at Sepang Circuit on February 07, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Quartararo terkena hukuman karena melanggar aturan komponen motor saat latihan pada Juni lalu. Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jakarta -

Perjalanan terjal dihadapi Fabio Quartararo jelang bergulirnya MotoGP Spanyol akhir pekan ini. Pebalap Prancis itu dinyatakan bersalah karena telah melanggar aturan penggunaan komponen motor dalam latihan.

Pada 18 dan 19 Juni lalu, Quartararo menjalani sesi latihan di Sirkuit Paul Ricard, Prancis, dengan menggunakan motor Yamaha R1. Dalam latihan itu, pebalap Petronas Yamaha itu dicurigai memodifikasi motornya dengan menggunakan tambahan komponen yang dilarang digunakan di luar lomba.

Ia pun juga diberitakan tidak melaporkan perubahan itu ke Direktur Teknis MotoGP. Akibatnya, ia pun harus menjalani sidang dengar pendapat dengan panel panitia MotoGP.

Dalam keterangannya, Quartararo mengaku melakukan hal tersebut tanpa sengaja. Pihak MotoGP pun menerima pernyataan tersebut. Namun pebalap 21 tahun itu tetap dinyatakan melanggar regulasi FIM World Championship Grand Prix nomor 1.15.1 terkait Latihan dan Batasan Pengujian.

Akibatnya, ia dikenakan hukuman penalti 20 menit di sesi latihan bebas pertama yang digelar Jumat (17/7/2020). Artinya, ia akan berlatih dengan waktu yang lebih sedikit dibandingkan pebalap lainnya.

Selain Quartararo, hukuman serupa juga diberikan kepada pebalap Moto3, Sergio Garcia. Terkait keputusan ini, Crash melaporkan bahwa Quartararo sudah mengajukan banding dan masih menunggu hasil.

Di sesi tes yang digelar Rabu (15/7), Quartararo tampil oke dengan menempati urutan kelima tercepat di sesi pertama dengan catatan waktu 1 menit 38,312 detik dan membaik di sesi kedua menjadi 1 menit 37,911 detik.



Simak Video "Quartararo Jadi yang Tercepat di Kualifikasi MotoGP Spanyol"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com