detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 20 Jul 2020 18:17 WIB

Momen Penting MotoGP Spanyol: Quartararo Sukses, Marquez Apes

Yanu Arifin - detikSport
MotoGP rider Fabio Quartararo of France celebrates at the podium after winning the Spanish Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday, July 19, 2020. (AP Photo/David Clares) Fabio Quartararo memenangi MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020). (Foto: David Clares/AP Photo)
Jakarta -

MotoGP Spanyol sudah berlangsung, menandai dibukanya MotoGP 2020. Fabio Quartararo mencetak sukses, sementara Marc Marquez kena apes akibat crash.

Setelah berbulan-bulan tertunda akibat pandemi corona, MotoGP akhirnya digeber akhir pekan kemarin. MotoGP Spanyol menjadi seri pembuka MotoGP 2020, yang digelar di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020).

Dalam balapan tersebut, Quartararo meraih sukses. Rider Petronas Yamaha SRT itu keluar sebagai pemenang balapan, mengungguli Maverick Vinales (Yamaha) dan Andrea Dovizioso (Ducati).

Mengawali start sebagai pole sitter, Quartararo keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 41 menit 23.796 detik dalam melahap 25 lap. Pebalap 21 tahun itu, yang musim depan menggantikan Valentino Rossi di tim utama Yamaha, meraih kemenangan perdananya di MotoGP.

Vinales juga sempat bermasalah di awal-awal lap, dan nyaris terjatuh. Namun, mantan rider Suzuki Ecstar itu bisa menyelesaikan race di podium kedua. Dovizioso, yang sedianya sempat cedera juga akibat bermain motocross, membuktikan dirinya tetap menjadi penantang sengit kejuaraan setelah bisa merebut podium ketiga.

Nasib berbeda dialami Marquez. Sang juara bertahan dari tim Repsol Honda itu malah crash di Turn 4 Sirkuit Jerez jelang berakhirnya perlombaan.

Tak cuma gagal finis, Marquez juga cedera akibat crash fatalnya. Rider Spanyol itu mengalami retak pada tulang bagian atas lengan kanannya, dan berpotensi absen lama.

Nasib sial juga dialami Rossi. Pebalap senior Yamaha itu juga gagal menyelesaikan race akibat motornya bermasalah. The Doctor menepikan tunggangannya pada lap ke-18 dan tak bisa melanjutkan perlombaan.

Selanjutnya, MotoGP 2020 masih akan digelar di Sirkuit Jerez. MotoGP Andalusia akan digelar pekan depan.



Simak Video "Quartararo Jadi yang Tercepat di Kualifikasi MotoGP Spanyol"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com