detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 30 Jul 2020 11:49 WIB

Momen Valentino Rossi Serahkan Tongkat Estafet ke Fabio Quartararo

Kris Fathoni W - detikSport
Fabio Quartararo of France, left and Valentino Rossi of Italy touch fists after Quartararo won the race with Rossi finishing 3rd during the MotoGP race during the Andalucia Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday July 26, 2020. (AP Photo/David Clares) Momen Rossi Serahkan Tongkat Estafet ke Quartararo. (Foto: AP/David Clares)
Jakarta -

Valentino Rossi dinilai sudah menyerahkan tongkat estafet ke Fabio Quartararo dari hasil di MotoGP Andalusia lalu, setelah mereka sama-sama naik podium.

Di sirkuit Jerez akhir pekan lalu, Rossi menuntaskan MotoGP Andalusia di posisi ketiga. Semenjak finis kedua di Austin pada April 2019, baru kali ini lagi peraih sembilan gelar juara dunia balap motor grand prix itu naik podium lagi.

Sementara itu podium teratas dikuasai Fabio Quartararo, yang mengulangi pencapaiannya naik podium pertama di tempat yang sama satu pekan sebelumnya, ketika memenangi MotoGP Spanyol. Itu adalah dua kemenangannya sejak debut di MotoGP pada musim lalu.

Hasil MotoGP Andalusia sekaligus menegaskan dominasi Yamaha dengan kehadiran Maverick Vinales di posisi kedua. Rossi dan Vinales adalah rider tim pabrikan Yamaha sedangkan Quartararo membela tim satelit Yamaha, Petronas Yamaha SRT.

Buat Luca Cadalora, juara dunia tiga kali grand prix (di kelas 125cc dan 250cc), momen itu bagaikan Valentino Rossi yang sedang menyerahkan tongkat estafet kiprahnya di dunia balap kepada Fabio Quartararo. Khususnya di Yamaha.

"Ya, ia melakukan persis itu," kata Cadalora menjawab pertanyaan GPOne.

"Saat ini Vinales sedang tertekan akibat keberadaan Fabio walaupun berada di tim yang berbeda, jadi saya pikir ia takkan dalam kondisi bagus tahun depan," ucapnya.

Menilik laju Fabio Quartararo saat ini, Luca Cadalora bahkan berandai-andai ia bisa terus meraih kemenangan demi kemenangan dan menjadi juara dunia MotoGP 2020.

"Kita juga harus melihat kemungkinan menyaksikan sesuatu yang luar biasa: Quartararo bisa meraih gelar juara dunia di sebuah tim satelit. Saya tak ingat kapan itu pernah terjadi," kata Cadalora.

Dengan kemenangan pada seri pembuka di MotoGP Spanyol, Fabio Quartararo menjadi rider pertama dari tim satelit Yamaha yang bisa naik podium teratas. Ia kini memimpin klasemen MotoGP untuk sementara, unggul 10 poin dari Vinales. Valentino Rossi berada di posisi keenam.



Simak Video "Quartararo Tercepat di Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com