detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 04 Agu 2020 18:21 WIB

Dear Marc Marquez, Absen Saja Dulu di MotoGP Ceko 2020

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez makes the victory sign on the sidelines of the Andalucia Grand Prix at the Jerez race track in Jerez de la Frontera on July 26, 2020. - Marquez will not start the Andalucia MotoGP in Jerez after dropping out of qualifying four days after an operation on a broken arm. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP) Marc Marquez diminta jangan langsung balapan lagi setelah operasi lengan kedua. (Foto: AFP/JAVIER SORIANO)
Jakarta -

Eks pebalap MotoGP Chris Vermeulen menyarankan Marc Marquez agar absen di MotoGP Republik Ceko. Toh Marquez belum kehilangan kans merebut gelar juara dunia.

Pebalap Repsol Honda itu mesti naik meja bedah lagi pada Senin (3/8/2020). Marquez menjalani operasi penggantian pelat titanium di lengan kanannya usai pelat sebelumnya mengalami kerusakan karena akumulasi stres.

Alhasil, Marquez diragukan bisa tampil di Brno pada akhir pekan nanti. Seandainya Marquez mesti absen lagi, maka dia kehilangan 75 poin usai gagal mengantongi poin di dua balapan sebelumnya. Pebalap Spanyol itu retired di MotoGP Spanyol usai kecelakaan hebat, kemudian absen di MotoGP Andalusia karena masih terganggu dengan rasa sakit dari cedera itu.

Vermeulen pernah lima musim berkompetisi di kejuaraan balap motor premier. Marc Marquez dinasihati agar tidak memaksakan diri.

"Mungkin dia mesti melewatkan akhir pekan ini dan melihat bagaimana peluangnya di Austria pada pekan depan, tapi ini kan Marc Marquez, dia itu juara dunia berkali-kali," ungkap Vermeulen dilansir Fox Sports. "Kalau mereka menyatakan dia fit dan dia ingin mencoba balapan, siapa yang akan menghentikan dia?"

"Terakhir kali dia dioperasi, dia bisa keluar rumah sakit beberapa jam kemudian. Sekarang dia harus menginap dua hari jadi apakah mereka (dokter) keliru atau sesuatu yang lain? Ini bukan tentang menaruh pelat di lengan Anda dan keluar dengan segala yang sudah bekerja dengan baik."

Jelang MotoGP Ceko 2020, rider Petronas SRT Fabio Quartararo memimpin klasemen MotoGP dengan perolehan 50 poin, unggul 10 poin dari Maverick Vinales yang menunggangi Yamaha. Vermeulen meyakini Marquez peluang mempertahankan gelar juara belum habis.

"Di fase sekarang? Tidak, sepenuhnya belum berakhir. Semuanya belum berakhir pada apa yang terjadi dengan pebalap-pebalap lain," mantan pebalap Suzuki itu melanjutkan.

"Kalau Fabio Quartararo itu adalah pebalap yang juara, dan naik podium di setiap pekannya maka situasi memang jauh lebih sulit untuk Marc. Tapi kalau ada tiga atau empat pebalap yang bersaing untuk merebut gelar juara maka akan jauh lebih mudah bagi Marc untuk menyusul," pungkas Vermeulen, mengakhiri sarannya ke Marc Marquez untuk absen saja dulu di MotoGP Ceko 2020.



Simak Video "Tanpa Marquez, Tim Repsol Honda Paling Buntut di MotoGP Ceko"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com