detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 04 Agu 2020 07:50 WIB

Kembali Jalani Operasi, Marc Marquez Absen di MotoGP Ceko?

Adhi Prasetya - detikSport
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 17: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Honda  heads down a straight during the MotoGP of Spain - Free Practice at Circuito de Jerez on July 17, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marquez harus kembali menjalani operasi kedua. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Marc Marquez harus kembali menjalani operasi untuk pemulihan retak tulang humerusnya. Bisakah Baby Alien kembali membalap di MotoGP Ceko?

Proses recovery Marquez diketahui berjalan baik selama ini. Ia bahkan sempat menjalani sesi latihan dan kualifikasi di MotoGP Andalusia pada akhir Juli lalu, meski akhirnya batal turun.

Rider asal Spanyol itu juga rutin mengunggah perkembangan pemulihannya di media sosial, dengan harapan bisa tampil pada seri ketiga MotoGP di Sirkuit Brno, Minggu (9/8) mendatang. Namun ternyata upaya pemulihan itu tak berjalan mulus.

Diberitakan Crash, pelat titanium yang dipasang di lengannya mengalami kerusakan, sehingga harus dioperasi lagi. Sejauh ini, tak ada dampak serius akibat kerusakan tersebut, namun Marquez harus menjalani observasi selama 2 hari di rumah sakit di Barcelona.

"Marc Marquez menjalani operasi 13 hari lalu dan hari ini ia harus kembali ke ruang operasi," ujar Ahli Traumatologi MotoGP, Dr Xavier Mir, Senin (3/8).

"Operasi pertama berjalan sukses, namun yang tak diharapkan ternyata pelatnya tidak cukup. Akumulasi stres di bagian lengan yang dioperasi menyebabakan pelatnya mengalami kerusakan, jadi pelatnya hari ini diganti dengan yang baru."

"Marquez tak merasakan sakit selama periode ini. Dia selalu mengikuti saran medis yang diberikan dan juga apa yang dirasakan tubuhnya. Sayangnya, stres lengan ini menimbulkan masalah. Kami harus menunggu 48 jam ke depan untuk mengetahui waktu pemulihannya," jelasnya.

Belum diketahui seberapa lama proses pemulihan setelah operasi baru ini. Namun akan menjadi pukulan luar biasa andai Marquez dinyatakan tak bisa membalap akhir pekan ini, sebab upaya rider Repsol Honda itu mempertahankan gelar juara jadi semakin berat.

Dalam dua balapan sebelumnya, Marc Marquez belum mengumpulkan poin sama sekali. Ia tertinggal 50 angka dari Fabio Quartararo dan 40 angka dari Maverick Vinales. Absen di Brno akan membuat gap poin itu semakin lebar.



Simak Video "Tanpa Marquez, Tim Repsol Honda Paling Buntut di MotoGP Ceko"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com