detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 11 Agu 2020 17:12 WIB

#Bradical! Met Ultah, Brad Binder

Kris Fathoni W - detikSport
Winner Red Bull KTM Factory Racings South African Brad Binder celebrates during the winners ceremony after the Moto GP Czech Grand Prix at Masaryk circuit in Brno on August 9, 2020. (Photo by Joe Klamar / AFP) #Bradical! Met Ultah, Brad Binder. (Foto: AFP/Joe Klamar)
Jakarta -

Ulang tahun Brad Binder hari ini indah sekali. Baru beberapa hari lalu ia merayakan kemenangan pertamanya di MotoGP, lewat torehan tinta emas nan tebal.

Brad Binder berulang tahun pada hari Selasa (11/8/2020) ini. Tepat 25 tahun lalu, ia lahir di Potchefstroom, Afrika Selatan. Momen itu berdekatan dengan keberhasilannya memenangi MotoGP Ceko 2020.

Di hari Minggu (9/8), Binder menjadi rider yang paling pertama melintasi garis finis di sirkuit Brno. Rookie MotoGP 2020 itu pun berhak meraih kemenangan pertamanya di kelas primer, setelah melewati tiga race saja.




"Ini suatu hal yang sudah saya impikan, dan hari ini menjadi kenyataan. Sungguh luar biasa bisa menggapainya di grand prix ketiga saya, untuk apa yang sudah saya pikirkan sejak lama," kata Brad Binder selepas balapan MotoGP Ceko 2020.

Kemenangan di MotoGP Ceko 2020 tersebut membuat Brad Binder memutus rentetan kemenangan Fabio Quartararo dalam dua seri sebelumnya. Kian mantap karena ada pula rekor di balik hasil tersebut.

Brad Binder kini tercatat menjadi rider pertama asal Afsel yang meraih kemenangan di kelas primer balap motor grand prix. Ia juga sukses mempersembahkan kemenangan perdana timnya, KTM, di MotoGP.

Keberhasilannya memenangi sebuah seri balapan MotoGP dengan status rookie juga jadi pencapaian tersendiri. Sejak Marc Marquez pada tahun 2013, baru kali ini lagi ada rookie yang bisa langsung naik podium teratas pada musim pertamanya tampil di MotoGP.

"Wah, saya tak tahu harus memulai dari mana untuk mengucap terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya," kata pemilik nomor motor 33 itu, yang kemenangannya di Brno lalu memicu keriuhan tagar #Bradical di medsos.

"Untuk keluarga saya yang sudah mendukung sejak hari pertama, untuk tim yang sudah menyiapkan motor yang luar biasa di hari, dan jelas luar biasa melihat posisi kami memikirkan posisi yang kami dapat saat ini," ujar Brad Binder lagi.




Dengan MotoGP Austria 2020 akan hadir lagi pada akhir pekan ini, sungguh indah jika Brad Binder bisa menempatkan hari ulang tahunnya di tengah-tengah dua kemenangan MotoGP -- atau paling tidak dua podium.

Apalagi pencapaian yang berdekatan dengan hari ultah memang tak asing buat Brad Binder. Tahu enggak kalau tahun lalu, ia berhasil memenangi balapan Moto2 di Austria tepat pada hari ulang tahunnya di 11 Agustus?

Anyway, met ultah ke-25 buat Brad Binder. #Bradical!



Simak Video "Brad Binder Pembalap Afrika Selatan Pertama Menangi MotoGP"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com