detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 11 Agu 2020 19:33 WIB

MotoGP Austria 2020: Tanpa Marc Marquez si Primadona, Ada Kejutan Lagi?

Kris Fathoni W - detikSport
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 19: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team  prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP of Spain - Race at Circuito de Jerez on July 19, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) MotoGP Austria 2020: Tanpa Marc Marquez si Primadona, Ada Kejutan Lagi? (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Marc Marquez masih absen di MotoGP Austria 2020. Menilik seri MotoGP 2020 sejauh ini, ketidakhadiran sang juara bertahan bisa kembali memunculkan kejutan.

Rider Repsol Honda itu sudah tak kuasa meraih angka dari tiga seri balapan kelas primer MotoGP yang dilangsungkan sejauh ini. Marquez cedera di MotoGP Spanyol lalu absen di MotoGP Andalusia dan MotoGP Ceko 2020 akhir pekan lalu.

Pada akhir pekan ini hadir MotoGP Austria 2020 di Sirkuit Red Bull Ring. Seperti halnya Sirkuit Jerez pada seri pertama dan kedua, Sirkuit Red Bull Ring juga akan menggelar dua balapan beruntun karena akhir pekan depan bakal ada MotoGP Styria 2020.

Di atas kertas, Marc Marquez diprediksi masih akan absen dalam kedua seri balapan tersebut dan baru bisa balik ke lintasan untuk seri balapan keenam di Misano, MotoGP San Marino, pada 13 September.

Memang, tidak tertutup peluang Marc Marquez bisa balik membalap lebih cepat dari prediksi. Tapi yang pasti balapan MotoGP 2020 sejauh ini sudah menghadirkan sejumlah hasil kejutan tanpa dirinya.

Podium di Brno akhir pekan lalu, misalnya. Saat itu Brad Binder, selaku rookie, meraih kemenangan pertamanya di MotoGP. Franco Morbidelli, yang tampil di MotoGP sejak 2018, meraih podium pertama kelas primer berkat finis kedua. Johann Zarco yang finis ketiga pun kembali naik podium lagi sejak 4 November 2018 sekalipun menunggangi Desmosedici GP19 -- edisi berbasis 2019.

Dari dua seri balapan sebelumnya di Jerez, ada pula sosok Fabio Quartararo yang rutin naik podium teratas. Sekalipun sudah pamer potensi sejak musim debutnya di kelas primer pada MotoGP 2019, dua kemenangan beruntun yang berhasil dirangkai oleh Quartararo dari dua seri awal pada musim MotoGP 2020 ini tetap di luar perkiraan.

Namun, Carlo Pernat yang merupakan sosok komentator dan pengamat kondang di MotoGP menyebut bahwa hal itu tidak sepenuhnya mengejutkan. Penyebabnya adalah absennya Marc Marquez.

Tak cuma itu, Carlo Pernat pun memprediksi bakal ada kecenderungan serupa saat Marc Marquez masih absen. Ketidakhadiran rider Repsol Honda itu, termasuk di MotoGP Austria 2020 pada akhir pekan, akan memunculkan sosok-sosok berbeda dari biasa di podium.

"Tak ada lagi sosok fenomenal seperti ketika Marquez ada di lintasan," katanya di GPOne.com.

"Ketika si fenomenal tak ada, semuanya berjalan lurus-lurus saja, tak ada lagi primadona. Kita bisa mengharapkan pengisi podium yang berbeda dari biasanya, (karena) Marc menaikkan level permainan," tutur Carlo Pernat soal absennya Marc Marquez.

Tonton video 'Repsol Honda Bisa Apa Tanpa Marc Marquez?':

[Gambas:Video 20detik]



(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com