detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 12 Agu 2020 11:39 WIB

Hasil Rookie MotoGP 2020 Sejauh Ini: Binder, Alex Marquez, dan Lecuona

Kris Fathoni W - detikSport
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - JULY 25: Brad Binder of Germany and Red Bull KTM Factory Racing  rounds the bend during the MotoGP of Andalucia - Qualifying at Circuito de Jerez on July 25, 2020 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Brad Binder, salah satu rookie MotoGP 2020. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Brad Binder langsung menjadi rookie MotoGP 2020 yang paling bagus pencapaiannya sejauh ini. Bagaimana dengan dua rookie lain, Alex Marquez dan Iker Lecuona?

Binder, yang menunggangi motor KTM RC16, sukses memenangi MotoGP Ceko 2020 pada akhir pekan lalu. Itu menjadi kemenangan pertamanya dari tiga kali race di kelas primer, sekaligus jadi kemenangan perdana KTM di MotoGP.

Buat juara dunia Moto3 2016 dan runner-up Moto2 2019 itu, hasil di Brno juga mengharumnya nama negara asalnya. Brad Binder jadi rider Afrika Selatan pertama yang memenangi seri balapan MotoGP.

Hasil ini sendiri meroketkan Brad Binder ke posisi kelima klasemen MotoGP 2020 untuk sementara dengan raihan 28 poin. Sebelum 25 poin hasil kemenangan di Brno, ia cuma mampu dapat poin di MotoGP Spanyol, Jerez, lewat finis ke-13 -- tiga poin.

Dalam 'persaingan mini' antar-para rookie MotoGP 2020, Brad Binder tak ayal menjadi yang terbaik sejauh ini. IRider 25 tahun itu unggul 15 poin atas rookie terbaik kedua, Alex Marquez.

Alex Marquez sejatinya lebih dinantikan aksinya di MotoGP 2020 kali ini. Selain predikatnya sebagai adik Marc Marquez, yang mendominasi MotoGP beberapa tahun terakhir, ia pun jadi rookie dengan status juara dunia Moto2 2019.

Selain itu, rider 24 tahun yang juga jadi juara dunia Moto3 2014 tersebut musim ini tampil di atas motor RC213V di bawah panji tim pabrikan Repsol Honda -- yang lagi-lagi dibawa sang kakak mendominasi balapan beberapa musim terakhir.

Namun, sejauh ini Alex Marquez baru mampu mengoleksi 13 poin untuk duduk di posisi ke-13 klasemen MotoGP 2020 untuk sementara. Cuma satu kali ia finis di posisi 10 besar pada musim ini.

Di sisi lain, Alex Marquez sebenarnya lebih konsisten meraih angka ketimbang Brad Binder -- yang jadi rivalnya di Moto2 musim lalu. Ia finis di posisi ke-12 di MotoGP Spanyol, kedelapan di MotoGP Andalusia, dan ke-15 di MotoGP Ceko. Kesemuanya masih dalam zona poin.

Alberto Puig, Repsol Honda Team Manager, pun cukup optimistis Alex Marquez akan mampu tampil lebih baik seiring dengan waktu. Secara khusus menjelang MotoGP Austria 2020 di akhir pekan.

"Kami mengharapkan Alex melanjutkan pertumbuhannya, berkembang sebagai seorang rider dan membuat kemajuan. Ia masih harus memahami motornya dengan lebih baik dan terutama soal ban. Ia masih kesulitan memahami ban baru," katanya di MotoGP.com.

Iker Lecuona menjadi yang terakhir dalam trio rookie MotoGP 2020. Rider Red Bull KTM Tech 3 ini sebenarnya tidak 'rookie-rookie amat' sudah sempat mencicipi balapan MotoGP di Valencia pada seri pamungkas musim lalu, sekalipun saat itu crash di gravel.

Pada MotoGP 2020, rider 20 tahun asal Spanyol itu pun belum beruntung karena belum terklasifikasi finis satu kali pun. Di Brno lalu, ia bersenggolan dengan rider Suzuki Joan Mir di Turn 13 sehingga keduanya kompak menyudahi balapan.



Simak Video "Rossi Posisi Ketujuh Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com