detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 12 Agu 2020 18:35 WIB

Rossi Ungkap Momen Paling Membanggakan: Pindah ke Yamaha, lalu...

Okdwitya Karina Sari - detikSport
PHILLIP ISLAND, AUSTRALIA - OCTOBER 16:  Valentino Rossi of Italy and the Gauloises Fortuna Yamaha Team rides during qualifying for the Australian Motorcycle Grand Prix which is round fifteen of the MotoGP World Championship on October 16, 2004 at Phillip Island Grand Prix Circuit in Phillip Island, Australia.  (Photo by Ryan Pierse/Getty Images) Kepindahan dari Honda ke Yamaha lalu menjadi juara dunia di 2004 merupakan momen paling membanggakan bagi Valentino Rossi. Foto: Getty Images/Ryan Pierse
Jakarta -

Valentino Rossi mengakui butuh keberanian besar saat meninggalkan Honda untuk bergabung Yamaha di masa lalu. Pertaruhan Rossi terbayar dengan gelar juara dunia.

Sukses Rossi di balap motor kelas tertinggi dimulai bersama Honda. Sejak debut pada 2000 di kelas 500 cc, Rossi telah merebut tiga titel juara dunia dalam empat musim. Kemudian di 2004, Rossi mengejutkan usai memutuskan hijrah ke Yamaha.

Pasalnya, saat itu Yamaha bukanlah kompetitor di kejuaraan ini. Namun, bergabungnya Rossi menjadi gebrakan sekaligus mendongkrak pamor pabrikan yang berbasis di Iwata itu.

Pebalap Italia tersebut langsung meraih titel juara dunia di musim pertamanya bersama Yamaha, lalu meraih tiga gelar tambahan lainnya dalam lima tahun berikutnya. Kerja sama tersebut sempat terputus selama dua tahun saat the Doctor hengkang ke Ducati sebelum terjalin kembali pada 2013 sampai sekarang.

Sukses Rossi memenangi titel juara dunia MotoGP bersama Honda dan Yamaha membuat dia menjadi segelintir pebalap yang mampu juara di motor yang berbeda. Rossi mengaku kesuksesannya dengan Yamaha merupakan momen paling membanggakan dalam kariernya.

"Ketika aku dengan Honda, aku memiliki motor terbaik dan tim terbaik," ucap Rossi kepada Marca. "Dalam empat tahun, aku memenangi tiga titel juara dunia tapi yang paling membuatku bangga adalah keberanian untuk berubah dan bergabung Yamaha."

"Sudah tentu, Yamaha ada di level tertinggi tapi saat itu perlu keberanian yang sangat besar tapi juga sedikit bodoh, dengan pindah dari Honda ke Yamaha."

"Melihat kembali bagaimana masa laluku, karierku, apa yang membuatku bangga adalah menerima tantangan itu dan juara dengan motor yang berbeda," cetus Valentino Rossi.



Simak Video "Rossi Posisi Ketujuh Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com