detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 13 Agu 2020 10:05 WIB

Valentino Rossi Memburu Podium Pertamanya di MotoGP Austria

Bayu Baskoro - detikSport
MotoGP - Austrian Grand Prix - Red Bull Ring, Spielberg, Austria - August 10, 2019   Monster Energy Yamahas Valentino Rossi during qualifying   REUTERS/Lisi Niesner Valentino Rossi belum pernah mendaki podium di MotoGP Austria. (Foto: Lisi Niesner/Reuters)
Spielberg -

Valentino Rossi belum pernah finis tiga besar di seri MotoGP Austria sepanjang kariernya. Mampukah The Doctor pecah telur naik podium di Sirkuit Red Bull Ring?

Seri keempat MotoGP 2020 akan berlangsung pada akhir pekan ini. Balapan diselenggarakan di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, Minggu (16/8/2020).

Menatap balapan kali ini, Rossi sudah mengantongi 199 podium dalam penampilannya di kelas utama. Rider 41 tahun itu memasang target finis di tiga besar untuk ke-200 kalinya pada akhir pekan nanti, setelah minggu lalu dirinya gagal menggenapi rekornya tersebut dan hanya mampu menempati urutan kelima di seri MotoGP Ceko.

Kendati demikian, Valentino Rossi dihadapkan pada tantangan yang lebih sulit kali ini. Ya, rider tim Monster Energy Yamaha itu bakal balapan di Sirkuit Red Bull Ring, satu-satunya tempat di mana dirinya belum pernah mendaki podium selama berkarier di kelas MotoGP.

Pencapaian terbaik Rossi di MotoGP Austria adalah di posisi keempat saat balapan tahun 2016 dan 2019. Ada pun Sirkuit Red Bull Ring selama empat musim terakhir selalu dikuasai oleh pebalap Ducati, mulai dari Andrea Iannone pada 2016, Andrea Dovizioso (2017 dan 2019) dan Jorge Lorenzo (2018).

Rossi sendiri masih tetap optimis dirinya mampu mengulangi keberhasilannya naik podium seperti saat seri kedua di MotoGP Andalusia. Namun, juara dunia sembilan kali itu tak menampik jika balapan di Austria kali ini jelas bakal berbeda dari race-race sebelumnya.

"Ini akan berbeda dari tiga balapan pertama, cuacanya lebih dingin di Austria. Hal itu tentu memiliki kelebihan dan kekurangan," kata Rossi jelang balapan MotoGP Austria, dikutip dari Speedweek.

"Meski begitu tetap saja penting buat kami menjadi kompetitif di sini. Kami akan memberikan yang terbaik," tuturnya.

Andai mampu finis tiga besar di Austria akhir pekan nanti, maka Rossi akan menggenapi podium ke-200 miliknya dengan luar biasa, yakni di tempat yang sebelumnya dia selalu mengalami kegagalan.

Mampukah The Doctor meraih podium pertamanya di MotoGP Austria? Kita tunggu saja pada balapan akhir pekan ini.

Pencapaian Valentino Rossi di MotoGP Austria:

2016: Posisi 4
2017: Posisi 7
2018: Posisi 6
2019: Posisi 4



Simak Video "Kualifikasi MotoGP Austria: Valentino Rossi Tercecer di Posisi Ke-12 "
[Gambas:Video 20detik]
(bay/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com