detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 01 Sep 2020 04:20 WIB

KTM Curi Perhatian, Bisa Sekalian Lahirkan Juara Dunia?

Lucas Aditya - detikSport
MotoGP Styria 2020 menghadirkan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech3) sebagai pemenang lewat manuver jelang garis finis. Ada pula insiden red flag di race ini. KTM sudah merebut dua kemenangan di MotoGP 2020, tapi belum akan lahirkan juara dunia. (Foto: AP Photo/Steve Wobser)
Jakarta -

KTM mencuri perhatian di MotoGP 2020. Kendati demikian, pabrikan Austria itu diprediksi belum akan melahirkan juara dunia.

Sudah dua kemenangan diraih oleh KTM di MotoGP musim ini. Seri MotoGP Ceko dan MotoGP Styria yang berhasil dimenangi oleh KTM.

Brad Binder yang mengantarkan KTM meraih kemenangan pertama di MotoGP. Dia menggapainya di MotoGP Ceko.

Winner Red Bull KTM Factory Racings South African Brad Binder celebrates during the winner's ceremony after the Moto GP Czech Grand Prix at Masaryk circuit in Brno on August 9, 2020. (Photo by Joe Klamar / AFP)Brad Binder saat menjadi juara di MotoGP Ceko 2020. (Photo by Joe Klamar / AFP) Foto: AFP/Joe Klamar

Kemenangan kedua didapat oleh pebalap KTM Tech3, Miguel Oliveira. Dia menjadi pemenang MotoGP Styria setelah memenangi pertarungan pada tikungan terakhir atas Jack Miller dan Pol Espargaro.

Dua kemenangan itu tak serta-merta membuat pemerhati MotoGP, Carlo Pernat, bilang bahwa salah satu pebalap KTM akan menjadi kandidat juara dunia MotoGP 2020.

"KTM kompetitif, tapi yang menang selalu pebalap berbeda. Untuk gelar juara dunia dibutuhkan pebalap yang sama untuk selalu menang," kata Pernat di GP One.

"Yang paling diakui dari semuanya ada Pol Espargaro. Tapi, dia belum menang. Saya tak melihat mereka bersama seorang rider yang bisa memenangi Kejuaraan Dunia," kata Italiano itu.

KTM saat ini duduk di posisi ketiga klasemen konstruktor MotoGP 2020. Mereka mengumpulkan 82 poin, raihan angka itu cuma berjarak enam angka dari Yamaha yang ada di posisi pertama.

MotoGP 2020 masih menyisakan sembilan seri lagi. Balapan berikutnya akan digelar di Misano dalam seri MotoGP San Marino.

MotoGP Portugal akan menjadi penutup di musim ini. Balapan di Estoril akan berlangsung pada 22 November.

(cas/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com