detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Kamis, 03 Sep 2020 06:00 WIB

Pengembangan Motor KTM Memang Luar Biasa, tapi...

Bayu Baskoro - detikSport
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 21: Pol Espargaro of Spain and Red Bull KTM Factory Racing  rounds the bend during the MotoGP Of Styria - Free Practice at Red Bull Ring on August 21, 2020 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Pol Espargaro dari tim KTM dengan motor RC16. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Performa KTM melesat dalam lima gelaran awal MotoGP 2020. Meski begitu, pengembangan motor RC16 diklaim belum bisa teruji maksimal karena satu hal. Apa itu?

KTM tampil sebagai kuda hitam di ajang MotoGP 2020. Tim asal Austria itu secara mengejutkan mampu merajai balapan MotoGP Ceko dan MotoGP Styria.

Brad Binder menjadi pebalap KTM pertama yang sukses mendaki podium pertama di MotoGP 2020. Rider asal Afrika Selatan itu meraih kemenangan pertamanya di kelas utama di Sirkuit Brno, Ceko.

Kesuksesan Binder kemudian disusul rider tim KTM Tech3, Miguel Oliveira. Pebalap Portugal tersebut secara tak terduga sukses finis yang tercepat di gelaran MotoGP Styria yang berlangsung di Sirkuit Red Bull Ring, Austria.

Deretan keberhasilan para rider KTM itu otomatis mendongkrak posisi mereka di klasemen konstruktor MotoGP. KTM saat ini berada di urutan ketiga dengan 82 poin dari lima balapan, atau hanya tertinggal enam poin saja dari Yamaha yang duduk di puncak klasemen sementara dengan 88 poin.

Mendongkraknya prestasi KTM di awal-awal balapan MotoGP 2020 ini ditenggarai sebagai kesuksesan pengembangan motor RC16. Nama Dani Pedrosa sebagai pebalap penguji KTM pun turut diangkat, mengingat legenda MotoGP itu berperan besar supaya tunggangan Miguel Oliveira dkk dapat dengan mudah dikendarai.

Di tengah euforia kemenangan yang saat ini dirasakan KTM, ada satu pebalap mereka yang merasa jika pengembangan motor RC16 belum bisa dikatakan sudah sempurna. Pol Espargaro yang mengungkapkan pendapat demikian.

Di mata Espargaro, kemenangan KTM di Ceko dan Styria tak bisa dilepaskan dari absennya Marc Marquez akibat cedera lengan yang dideritanya. Bagi rider 29 tahun itu, kekuatan motor RC16 baru bisa teruji andaikan bisa bersaing dengan The Baby Alien di lintasan.

"Saya tidak ingin menjadi negatif - saya selalu positif - tetapi pebalap terbaik di grid tidak ada di sini. Saya mau membandingkan dengan yang terbaik," kata Espargaro, dikutip dari Crash.

"Dia tidak ada di sini dan saya tak tahu apa yang akan dirinya lakukan, karena Nakagami cukup cepat (dengan motor Honda 2019). Biasanya Marc lebih cepat darinya. Saya tidak tahu...," Espargaro menambahkan.

"Memang benar kalau kami [KTM] sangat bagus, tetapi apakah kami sebagus kelihatannya? Ini yang menjadi pertanyaan saya dan saya tidak tahu. Saya ingin mengikuti lebih banyak balapan dan melihatnya,".

"Di Jerez kami tak sebagus seperti ketika di Republik Ceko dan di sini [Austria]. Oleh karena itu, saya mau tetap tenang dan melihat bagaimana semuanya berjalan," demikian kata Pol Espargaro soal performa KTM di MotoGP 2020.



Simak Video "Pol Espargaro Tercepat di Kualifikasi MotoGP Styria 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com