detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 13 Sep 2020 22:43 WIB

Kunci Kemenangan Franco Morbidelli di MotoGP San Marino

Bayu Baskoro - detikSport
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 12: Franco Morbidelli of Italy and Petronas Yamaha SRT  (new helmet for the race) rounds the bend during the MotoGP Of San Marino - Qualifying at Misano World Circuit on September 12, 2020 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Franco Morbidelli merajai balapan MotoGP San Marino 2020. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Misano -

Franco Morbidelli menjadi yang tercepat dalam balapan MotoGP San Marino. Rider Italia itu membeberkan kunci keberhasilannya meraih podium pertama. Apa itu?

Morbidelli memulai balapan MotoGP San Marino yang berlangsung di Sirkuit Marco Simoncelli, Misano, Minggu (13/9/2020) malam WIB, di posisi ketiga. Pada lap pertama, dia langsung melesat menjadi yang terdepan.

Di awal-awal race, Morbidelli sempat ditempel ketat oleh Valentino Rossi yang berada di posisi kedua. Rider tim Petronas Yamaha itu kemudian mulai melebarkan jaraknya dengan The Doctor dan melaju sendirian di depan.

Morbidelli semakin tak terbendung dan mampu unggul 2,5 detik dari Rossi, Alex Rins, dan Francesco Bagnaina di sembilan lap tersisa. Pebalap 25 tahun itu kemudian mengakhiri balapan di posisi pertama, disusul Bagnaia dan Joan Mir pada urutan kedua dan ketiga.

Bagi Franco Morbidelli, ini merupakan kemenangan perdananya di kelas primer sejak pertama kali berkecimpung pada 2018. Hasil itu juga menjadi peningkatan keberhasilannya, setelah sebelumnya dia berhasil mencicipi podium pertamanya di kelas MotoGP saat menjadi juara dua di MotoGP Ceko 2020.

Seusai balapan, Morbidelli mengungkapkan kunci keberhasilannya menjadi yang tercepat di Misano. Kampiun Moto2 2018 itu mengaku bisa meraih podium pertama di MotoGP San Marino berkat start yang baik dan upayanya untuk tetap menjaga ritme balapannya hingga garis finis.



"Saya menganggap balapannya cukup oke. Saya memulainya dengan baik dan di awal-awal saya mendapat tekanan dari Vale," kata Morbidelli, dilansir dari MotoGP.

"Saya lalu melihat jika kami mulai berjarak dan saat itu saya berharap agar kami tak saling mengganggu satu sama lain. Pada lap-lap selanjutnya saya makin menjauhkan diri, bahkan lebih jauh lagi," dia menambahkan.

"Ketika saya semakin melaju, saya bilang ke diri saya: fokus ke trek dan jaga terus ritme balapanmu sebisa mungkin. Saya merasa sangat baik dan tak menyangka pada akhirnya," ujarnya soal usahanya memenangkan MotoGP San Marino.

Dengan kemenangan ini, Franco Morbidelli telah mengumpulkan 57 poin dari enam balapan dan menempati peringkat ketujuh klasemen sementara MotoGP 2020. Ada pun pemuncak klasemen saat ini dikuasai Andrea Dovizioso dengan 76 poin.



Simak Video "Duh, Sakitnya Rossi Gagal Podium Ditikung Joan Mir di Lap Terakhir"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com