detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 15 Sep 2020 15:15 WIB

'Ular-ular' Peliharaan Valentino Rossi Saat Ini, Siapa Saja?

Kris Fathoni W - detikSport
DOHA, QATAR - MARCH 07: (L-R) Franco Morbidelli of Italy and Petronas Yamaha SRT,  Valentino Rossi of Italy and Yamaha Factory Racing and Francesco Bagnaia of Italy and Alma Pramac Racing pose on track during MotoGP of Qatar - Previews at Losail Circuit on March 07, 2019 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi diapit Franco Morbidelli dan Pecco Bagnaia. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Secara berkelakar, Valentino Rossi menyebut sudah memelihara 'ular' yang 'mengigit' di MotoGP San Marino 2020 lalu. Siapa saja ular-ular itu?

Ucapan Rossi usai balapan di Misano saat itu sejatinya adalah bentuk kebanggaan tersendiri. Para 'ular' yang ia maksudkan tentu saja adalah para rider muda kebanggaannya, yang ia didik di akademi miliknya sendiri yakni VR46 Academy.

Momen MotoGP San Marino 2020 di Misano, sirkuit yang lokasinya berjarak tidak jauh dari kampung halaman The Doctor, menghadirkan momen istimewa buat akademi rider tersebut seiring kemenangan Franco Morbidelli.

Lewat keberhasilan Morbidelli meraih kemenangan perdananya di kelas primer, untuk kali pertama pula ada rider binaan akademi balapnya Valentino Rossi yang naik podium teratas di MotoGP. Morbidelli sendiri merupakan anggota pertama VR46 Academy, rider pertama akademi itu yang menjadi juara dunia (Moto2 2017), dan juga rider pertama sekolah balapnya Rossi yang 'lulus' ke MotoGP (di 2018).

Kian membanggakan buat Valentino Rossi karena rider VR46 Academy lain, Francesco 'Pecco' Bagnaia, ikut naik podium MotoGP San Marino 2020. Ia finis kedua, walaupun membalap tidak dalam kondisi ideal karena masih dalam proses pemulihan usai naik meja operasi.

[Gambas:Instagram]



"Kami sudah memelihara ular," ucap Rossi berkelakar, tentang pencapaian pembalap akademi balapnya itu seperti dilansir Autosport.

Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia adalah dua nama rider VR46 Academy yang saat ini berkecimpung di kelas primer. Ada pula rider-rider lain yang juga tampil di kejuaraan dunia balap motor grand prix musim 2020.

Di kelas Moto2, ada nama Luca Marini, Marco Bezzecchi, dan Stefano Manzi. Ada pula Celestino Vietti, Andrea Migno, dan Niccolo Antonelli di Moto3. Di musim lalu sempat pula ada nama Lorenzo Baldassarri, Nicolo Bulega, dan Dennis Foggia.

Yang keren, Marini dan Bezzecchi kian mengharumkan nama VR46 Academy di Misano karena kedunya pun sukses naik podium dalam race Moto2. Mereka finis 1-2 secara berurutan dalam balapan di akhir pekan.

Di kelasnya masing-masing saat ini, nyaris seluruh rider aktif VR46 Academy juga tercatat sudah meraih kemenangan. Satu-satunya yang belum naik podium teratas adalah Stefano Manzi.

Dalam sebuah artikel MotorSportMagazine.com, mekanik Alex Briggs yang sudah lama berkolaborasi dengan Valentino Rossi sempat berkisah mengenai kiprah para 'ular' peliharaan The Doctor itu. Ia melihat langsung betapa trengginasnya para rider muda itu saat melahap ilmu dari sang mentor di lokasi akademi yang berlokasi tak jauh dari kampung halaman Rossi di Tavullia.

"Semua anak muda yang ada di ranch-nya ingin menghabisi dirinya! Mereka hormat sekali dengannya, tapi mereka tak peduli itu lagi saat sudah mulai balapan melawan dirinya. Mereka semua ingin menjadi dirinya dan menurut saya ia menyukai hal itu. Ia seperti sudah menemukan mata air keabadian di Tavullia," ucapnya soal Valentino Rossi dan para rider muda binaannya saat ini.

(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com