detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 16 Sep 2020 21:55 WIB

Api Semangat Dovizioso yang Kembali Menyala

Bayu Baskoro - detikSport
Ducati Team Italian rider, Andrea Dovizioso waves from the stands during a free practice session ahead of the San Marino MotoGP Grand Prix race at the Misano World Circuit Marco Simoncelli on September 14, 2019. (Photo by Marco Bertorello / AFP) Andrea Dovizioso kembali semangat bersaing memperebutkan titel juara MotoGP 2020. (Foto: Marco Bertorello / AFP)
Misano -

Andrea Dovizioso mulai nyaman dengan perubahan motor miliknya. Rider tim Ducati itu kini semangat lagi bersaing memperebutkan titel juara MotoGP 2020.

Dovizioso bercokol di puncak klasemen MotoGP 2020 selepas seri MotoGP San Marino hari Minggu (13/9/2020). Pebalap 34 tahun itu menggusur posisi yang sebelumnya ditempati rider tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo.

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Marco Simoncelli, Misano, Dovizioso finis di urutan ketujuh. Hasil yang diraihnya jauh lebih baik ketimbang Quartararo yang gagal menyelesaikan balapan akibat mengalami crash.

Perolehan tersebut membuat Dovizioso kini telah mengoleksi 76 poin dari enam balapan yang dijalani. Dia unggul enam angka atas Quartararo yang berada di posisi kedua dengan 70 poin.

Kendati saat ini dirinya tengah berada di puncak klasemen, tetapi Andrea Dovizioso masih belum puas dengan performanya di balapan-balapan sebelumnya. Dari enam race yang sudah dijalani, pria Italia itu baru dua kali naik podium dan hanya sekali finis pertama pada MotoGP Austria.

Namun, Dovizioso kembali bersemangat menghadapi kompetisi selepas sesi latihan di Misano, Selasa (15/9). Pada sesi tersebut, Ducati melakukan berbagai perbaikan pada motor runner-up MotoGP tiga musim terakhir itu.

Ducati menggunakan beberapa suku cadang baru dan perubahan set-up, serta membenahi bagian ban belakang pada motor Dovizioso. Perubahan-perubahan itu disambut positif Dovi, yang menilai Desmosedici GP 20 miliknya kini jauh lebih nyaman.



"Saya sekarang dalam situasi di mana saya merasa memiliki kesempatan lebih baik untuk memperjuangkannya. Pada balapan-balapan sebelumnya saya tak cukup cepat dan hasilnya - bahkan jika anda cukup oke di klasemen - anda tak bisa memainkan kartu as anda," kata Dovizioso, dikutip dari Speedweek.

"Sekarang saya jauh lebih rileks, tetapi kami harus tetap fokus karena balapan akhir pekan sudah menanti dan kami mesti melihat pula seperti apa perkembangan yang lainnya," dia menambahkan.

"Namun yang terpenting adalah apa yang anda rasakan dengan motor anda. Hari ini sudah jelas arah mana yang ingin kami tuju - dan kami berhasil," ujar Dovi.

Performa Andrea Dovizioso di trek balap akan kembali diuji pada akhir pekan ini. Seri ketujuh MotoGP 2020 bakal kembali digelar di Sirkuit Marco Simoncelli, Misano, bertajuk MotoGP Emilia Romagna, Minggu (20/9) malam WIB dan dapat disaksikan langsung via live streaming di detikSport.

(bay/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com