detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 21 Sep 2020 18:25 WIB

MotoGP Emilia Romagna: Miller-Bagnaia Retired karena Quartararo?

Okdwitya Karina Sari - detikSport
MotoGP rider Francesco Bagnaia of Italy falls down when leading the race ahead of Maverick Vinales of Spain, in the background, during the Emilia Romagna Motorcycle Grand Prix at the Misano circuit in Misano Adriatico, Italy, Sunday, Sept. 20, 2020. (AP Photo/Antonio Calanni) Plastik pelapis kaca helm Fabio Quartararo sebabkan Jack Miller dan Pecco Bagnaia retired di MotoGP Emilia Romagna?Foto: AP/Antonio Calanni
Misano -

Duo Pramac Ducati Jack Miller dan Pecco Bagnaia sama-sama gagal menuntaskan MotoGP Emilia Romagna. Fabio Quartararo ditengarai menjadi penyebabnya. Bagaimana?

Pada balapan di Sirkuit Misano, Minggu (20/9/2020), Miller sesungguhnya memiliki prospek bagus karena start di posisi kedua. Dia bahkan sempat mengambil pimpinan lomba di putaran pertama.

Namun, nasib sial dialami Miller. Pebalap Australia itu mengalami masalah mekanis di putaran kedelapan yang akhirnya memaksa dia menepi di pinggir lintasan sebelum retired.

Sementara itu Bagnaia mesti menelan pil pahit. Start dari posisi kelima, Bagnaia melesat ke barisan terdepan untuk memimpin sebagian besar balapan dan membuka jarak dengan Maverick Vinales, rival terdekatnya.

Akan tetapi, hanya tujuh putaran sebelum lomba berakhir Bagnaia jatuh. Bagnaia kehilangan poin dan juga peluang meraih kemenangan pertamanya.

Usai balapan, Bagnaia mengungkapkan sebab dari insidennya itu. "Crash-nya tak biasa, karena sewaktu melihat data, kecepatan saya sama, kemiringannya sama, gasnya sama, lintasannya juga sama. Jadi kayaknya sih tadi saya mengenai sesuatu semacam plastik pelapis kaca helm atau benda kotor di trek," ucap rider Italia itu.

foto instastory Jack Millerfoto instastory Jack Miller Foto: instagram @jackmilleraus

Penyebab jatuhnya Bagnaia dan Miller mengerucut pada Quartararo. Lewat Instagram-nya @jackmilleraus, Miller membagikan sebuah foto berupa plastik pelapis kaca helm dengan logo Quartararo. Stiker pelapis kaca helm Quartararo itu rupanya tersangkut di filter udara pada mesin Desmosedici-nya.

"@Fabio Quartararo aku menemukan sesuatu yang menjadi milikmu," tulis Miller di akun media sosialnya.

"Sayang sekali pada putaran kedua motorku bisa menghisap plastik pelapis sehingga menutupi filter udara, terkadang balapan bisa menjadi permainan yang kejam tapi terima kasih kepada kruku atas kerja kerasnya."

Hasil ini memukul peluang Miller dalam persaingan gelar juara dunia MotoGP 2020. Miller yang tadinya tertinggal hanya 10 poin dari Andrea Dovizioso di puncak klasemen kini tercecer 20 poin di posisi keenam.

(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com