detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 07 Okt 2020 02:20 WIB

Selain Rossi, Marquez Juga 'Guru' untuk Quartararo

Yanu Arifin - detikSport
Petronas Yamaha SRTs French rider Fabio Quartararo (L) is congratulated by Monster Energy Yamahas Italian rider Valentino Rossi after winning the MotoGP race during the Andalucia Grand Prix at the Jerez race track in Jerez de la Frontera on July 26, 2020. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP) Fabio Quartararo dan Valentino Rossi. (Foto: AFP/JAVIER SORIANO)
Paris -

Fabio Quatararo mengungkap dua sosok yang menjadi panutannya di MotoGP. Rider Petronas Yamaha SRT itu menyebut nama Valentino Rossi dan Marc Marquez.

Quartararo baru dua musim membalap di kelas tertinggi, sejak diboyong tim Petronas Yamaha SRT pada 2019. Rider Prancis itu langsung menyilaukan mata.

Setelah bisa finis kelima di MotoGP 2019, Quartararo berpeluang menjadi juara di MotoGP 2020. Pebalap 21 tahun itu sedang memimpin klasemen MotoGP.

Di MotoGP 2020, Quartararo sudah memenangkan tiga race dari delapan seri, yakni di MotoGP Jerez, MotoGP Andalusia, dan terakhir di MotoGP Catalunya. Ia pun memimpin klasemen dengan 108 poin, mengungguli rider Ducati Andrea Dovizioso (100) dan pebalap pabrikan Yamaha, Maverick Vinales (90).

Performa gemilang itu juga membuatnya naik kelas mulai tahun depan. Quartararo akan menjadi pebalap pabrikan Yamaha di MotoGP 2021, menggeser Valentino Rossi.

Terkait performanya, Quartararo sendiri berguru kepada dua sosok. Rossi dan Marquez diakui menjadi panutannya sejauh ini.

"Valentino adalah orang yang menjadi teladan ketika saya masih kecil. Saya menganggapnya sebagai model. Ketika saya masih kecil, saya menonton balapannya," kata Quartararo kepada Marca.

"Saya ingat yang pertama, pada tahun 2005, di Jerez. Ketika itu, saya masih berusia enam tahun dan mengatakan kepada diri sendiri bahwa saya ingin melakukannya juga, menjadi pebalap MotoGP. Saya memiliki banyak gairah, tapi dia adalah pebalap yang membuat saya memiliki lebih untuk menjadi seperti dia."

"Dia adalah contoh terbaik, dan sosok yang paling saya pelajari. Tetapi, Marc adalah seseorang yang sering saya lawan, bukan dia [Rossi] di trek. Dia sangat kuat secara mental, dan itu adalah sesuatu yang bagus untuk dipelajari dari seorang pembalap papan atas," ungkapnya.

Selanjutnya, MotoGP akan digelar di Prancis, atau kandangnya Quartararo. Mampukah rider berjuluk El Diablo itu berjaya di depan pendukungnya sendiri?



Simak Video "3 Aksi Apik Quartararo yang Masih Jadi Pemuncak MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(yna/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com