detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 09 Okt 2020 10:45 WIB

Jelang MotoGP Prancis: 6 Mekanik Yamaha Diisolasi, 1 Positif Corona

Lucas Aditya - detikSport
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 06: Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team and Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team (R) pose  during the 2020 Team Monster Energy Yamaha MotoGP presentation during the MotoGP Pre-Season Teams Unveiling at Sepang Circuit on February 06, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi dan Maverick Vinales tanpa enam mekanik di MotoGP Prancis karena ada yang positif Corona. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Kabar buruk datang untuk tim Yamaha menatap MotoGP Prancis. Ada 1 orang mekanik mereka yang positif terinfeksi virus Corona, 5 orang lainnya harus diisolasi.

MotoGP Prancis digelari di Circuit Bugatti, Le Mans. Rangkaian balapannya dimulai, Jumat (9/10/2020) hari ini, latihan bebas I digelar pada pukul 14.55 untuk MotoGP.

Sementara balapan MotoGP Prancis berlangsung, Minggu (11/10) pukul 18.00 WIB. Setelah dua minggu jeda dari MotoGP Catalunya, MotoGP 2020 lanjut lagi.

Dalam perjalanan dari Barcelona ke Le Mans, tes untuk mengetahui status Corona pun dilakukan sebagai protokol kesehatan.

Hasilnya, ada 1 mekanik Yamaha yang dinyatakan positif COVID-19. Sementara itu, 5 orang lainnya dinyatakan negatif. Kendati demikian, kelima orang termasuk pemimpin proyek pengembangan YZR-M1, Takahiro Sumi.

Pengecekan ulang untuk memastikan kondisi para mekanik Yamaha juga sudah dilakukan sebagai antisipasi adanya kesalahan saat pemeriksaan.

"Hasil tesnya identik, mengonfirmasi tes awal yang menunjukkan positif COVID-19 untuk satu anggota dan hasil negatif untuk lima member lainnya," kata pernyataan resmi Yamaha yang dikabarkan Reuters.

Karena ada larangan kunjungan ke Prancis, semua awak Yamaha itu menjalani karantina di Andora. Mereka pun harus melewatkan balapan MotoGP Prancis.

Yamaha sedang mencoba mendatangkan staf alternatif untuk balapan di Le Mans. Sumi dan lima mekanik itu akan menggunakan alat komunikasi untuk tetap berhubungan dengan paddock di MotoGP Prancis.

Di MotoGP 2020, Yamaha sedang bagus, Dari 8 balapan yang sudah dijalani, 5 kali tim Garpu Tala menjadi pemenang. Fabio Quartararo (3 kali), Maverick Vinales, dan Franco Morbidelli yang berhasil menang bersama Yamaha.

(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com