detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 11 Okt 2020 21:46 WIB

Alex Marquez Gila! Start ke-18, lalu Finis Kedua di MotoGP Prancis

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Second placed Spains rider Alex Marquez of the Repsol Honda Team celebrates with trophy on the podium after the MotoGP race of the French Motorcycle Grand Prix at the Le Mans racetrack, in Le Mans, France, Sunday, Oct. 11, 2020. (AP Photo/David Vincent) Alex Marquez meraih podium pertamanya di MotoGP 2020 (AP/David Vincent)
Le Mans -

Alex Marquez mengakhiri penantian podium pertamanya di MotoGP 2020. Ini setelah Alex berhasil finis kedua pada balapan MotoGP Prancis. Top!

Alex naik kelas ke MotoGP 2020 dengan status juara dunia Moto2. Tapi, status itu cuma sekadar label karena Alex buktinya masih kesulitan beradaptasi dengan Repsol Honda dan juga persaingan MotoGP.

Ndilalah, Honda juga kehilangan Marc Marquez yang harus absen hingga akhir musim karena cedera bahu. Jadilah Alex harus berjuang sendiri membawa Repsol Honda bareng pebalap tes Stefan Bradl.

Dari delapan seri berlalu, Alex paling mentok meraih posisi ketujuh pada balapan Emilia Romagna dan posisi kedelapan di MotoGP Andalusia sebagai raihan terbaik keduanya. Sisanya? Alex lebih banyak finis di luar 10 besar, bahkan di posisi sekitar 13 sampai 17, setelah sempat sekali di posisi ke-12 pada balapan pembuka di Jerez.

Maka dari itu, Repsol Honda sebagai tim kesulitan bersaing di papan klasemen dan cuma berada di posisi kesembilan klasemen konstruktor. Performa buruk sedari awal musim itu mungkin yang membuat Repsol Honda melepas Alex dulu ke tim satelit LCR Honda di musim 2021.

Nah, Alex sepertinya masih ingin membuktikan kalau dia gabung Repsol Honda bukan karena rekomendasi kakaknya saja. Itu ditunjukkan Alex pada balapan MotoGP Prancis, Minggu (11/10/2020) malam WIB.

Meski start dari posisi ke-18 dan balapan berlangsung di atas lintasan yang basah, Alex mampu menaklukkan satu per satu pebalap di depannya. Dibantu performa buruk para rider Yamaha sepanjang balapan, Alex akhirnya bisa naik ke baris terdepan menjelang akhir balapan termasuk mendahului Andrea Dovizioso yang kehilangan grip ban belakang.

Sampai akhirnya Alex mampu menyalip Pol Espargaro untuk finis posisi kedua pada balapan ini di belakang Danilo Petrucci, sekaligus meraih podium pertamanya bersama Repsol Honda. Ini juga jadi balapan basah pertama dalam karier Alex.

Alex pun setidaknya bisa tersenyum karena bisa meraih podium pertama dalam kariernya di MotoGP. Lalu kira-kira kapan Alex Marquez mau menang?



Simak Video "Alex Marquez Back to Back Podium MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com