detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 11 Okt 2020 22:15 WIB

MotoGP Prancis: Gagal Naik Podium, Alex Rins Sial Banget

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
LE MANS, FRANCE - OCTOBER 09: Alex Rins of Spain and Team Suzuki ECSTAR  starts from box during the MotoGP of France: Free Practice at Bugatti Circuit  on October 09, 2020 in Le Mans, France. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Alex Rins gagal naik podium di MotoGP Prancis. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Alex Rins harus puas menuntaskan MotoGP Prancis tanpa poin. Padahal ia punya kecepatan untuk bertarung di posisi depan. Rins sedang sial.

Rins sebenarnya start dari posisi yang tak bagus: 16. Tapi lintasan basah sirkuit Le Mans Bugatti, Minggu (11/10/2020) rupanya memberikan keuntungan tersendiri untuknya.

Pebalap Suzuki itu mengakhiri putaran pertama di posisi enam dan terus memperbaiki posisi. Saat balapan memasuki putaran keempat, Rins bahkan sudah berada di urutan keempat dan mengejar Danilo Petrucci, Andrea Dovizioso, dan Jack Miller.

Secara kecepatan, Rins bisa dibilang punya peluang untuk menang. Ia beberapa kali mengukir waktu putaran tercepat, dengan catatan terbaik satu menit 44,959 di lap ke-11.

Namun keberuntungan belum berpihak pada pebalap asal Spanyol itu. Di putaran ke-19, saat sedang menempati posisi dua dan menguntit Petrucci, Rins terjatuh.

Ia buru-buru menegakkan lagi motornya dengan bantuan marshall lintasan untuk melanjutkan balapan. Dengan kecepatannya, Rins boleh jadi tahu minimal ia masih punya peluang untuk memetik poin.

Rins memang berhasil kembali ke lintasan, tapi rupanya nasib sial masih menempel padanya. Tali pengikat yang biasa dipakai marshall untuk mengangkat motor pebalap yang terjatuh, tersangkut di buritan GSX-RR miliknya.

Sempat melaju, Rins mendapatkan sinyal bendera hitam dengan bulatan jingga di tengahnya, tanda ia harus keluar dari trek. Bendera itu ditunjukkan ketika ada masalah atau gangguan pada motor, yang membahayakan sang penunggang dan pebalap lainnya.

Alhasil laju Alex Rins kembali terhambat. Ia harus menepi dari trek dan menyingkirkan tali pengikat tersebut untuk kembali melanjutkan balapan.

Pada akhirnya, Rins harus puas finis di posisi 16, posisi yang sama ketika ia memulai balapan. Di posisi itu pula, Rins harus rela tak mendapatkan poin karena tepat di luar zona perolehan angka (urutan 15).

Dengan hasil ini, harapan Rins untuk kembali naik podium beruntun setelah finis ketiga di MotoGP Catalunya pun pupus. Memang bukan harinya Rins.



Simak Video "Alex Rins Belum Beruntung: Crash hingga Tali Nyangkut"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com