detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 16 Okt 2020 07:32 WIB

Rossi Positif Corona, Bakal Digantikan Lorenzo di MotoGP Aragon?

Yanu Arifin - detikSport
KUALA LUMPUR, MALAYSIA - FEBRUARY 08: Jorge Lorenzo of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team  looks on in pit during the MotoGP Pre-Season Tests at Sepang Circuit on February 08, 2020 in Kuala Lumpur, Malaysia. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Jorge Lorenzo berpeluang menggantikan Valentino Rossi turun di MotoGP Aragon akhir pekan ini. (Foto: Mirco Lazzari gp / Getty Images)
Jakarta -

Valentino Rossi positif tertular virus corona, jelang bergulirnya MotoGP Aragon. Apakah posisi The Doctor akan digantikan Jorge Lorenzo?

Rossi mengumumkan dirinya terpapar virus corona pada Kamis (15/10) malam. Rider Italia itu mengaku sempat demam dan badannya sakit, kemudian menjalani tes PCR, yang hasilnya kemudian positif.

Kabar ini diumumkan Rossi, sehari jelang rangkaian MotoGP Aragon digelar. Sesi latihan pertama MotoGP Aragon sendiri digeber mulai Jumat (16/10), sebelum race digelar pada Minggu (18/10).

Bagi Yamaha, positifnya Rossi tertular corona menjadi pukulan telak. Hal itu diutarakan bos tim MotoGP Yamaha, Lin Jarvis.

"Ini adalah berita yang sangat buruk untuk Valentino, tim Monster Energy Yamaha MotoGP, serta semua penggemar MotoGP di seluruh dunia. Pertama dan terpenting, kami berharap Valentino tak terlalu menderita dalam beberapa hari mendatang dan bisa pulih sepenuhnya dalam waktu singkat," kata Jarvis, dilansir dari laman resmi MotoGP.

Rossi pun bakal absen di MotoGP Aragon. Pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP itu mengaku cukup sedih harus melewatkan race di Spanyol itu.

"Jadi saya sangat kecewa saya akan melewatkan balapan di Aragon. Saya harus optimistis dan yakin, tapi saya juga berharap putaran kedua di Aragon tidak bisa untuk saya mainkan," katanya.

Dengan absennya Rossi, Lorenzo berpeluang menjadi penggantinya. Sejak awal musim, pebalap 33 tahun itu memang menjadi test rider tim Garpu Tala.

Lorenzo sempat menggeber motor Yamaha di tes pramusim MotoGP 2020. Kemudian, ia belum lagi menunggangi motor balap Yamaha M1, setelah kesempatannya turun sebagai wild card di MotoGP Catalunya dihapus akibat pandemi corona.

Beberapa waktu lalu, Lorenzo sendiri mengungkapkan cukup bahagia menjadi test rider tim Yamaha. Selain masih bisa menunggangi balapan, juara dunia MotoGP tiga kali itu merasa tidak terbebani.

Sejauh ini, belum ada pernyataan dari Yamaha apakah Lorenzo bakal menggantikan Rossi atau tidak. Namun, Lorenzo tetap menjadi kandidat terkuat menggantikannya.

Yamaha sendiri masih berjuang di kejuaraan MotoGP 2020. Saat ini, Yamaha masih memimpin klasemen pabrikan dengan 170 poin, unggul 20 angka dari Ducati.

(yna/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com