detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 23 Okt 2020 05:00 WIB

Honda Tak Salah 'Depak' Alex Marquez ke Tim Satelit

Adhi Prasetya - detikSport
ALCANIZ, SPAIN - OCTOBER 18: Alex Marquez of Spain and Repsol Honda Honda celebrates the second place and speaks with journalists under the podium during the MotoGP race during the MotoGP of Aragon at Motorland Aragon Circuit on October 18, 2020 in Alcaniz, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Alex Marquez akan membalap untuk LCR Honda di MotoGP musim depan. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Melihat Alex Marquez meraih back-to-back podium di dua seri terakhir MotoGP 2020, Honda mungkin menyesal 'mendepak' Alex Marquez ke tim satelit musim depan. Namun Cal Crutchlow menyebut keputusan itu tidak salah.

Tampil melempem di tujuh seri awal, Alex Marquez langsung tampil memikat di dua balapan terakhir. Pada MotoGP Prancis (11/10) yang berlangsung di trek basah karena hujan, ia berhasil menjadi runner-up di belakang Danilo Petrucci.

Sempat dituding 'beruntung' karena mendapat lintasan basah, rider 24 tahun itu membuktikan ia juga jago di trek kering dengan kembali menyegel posisi kedua di MotoGP Aragon (18/10), kali ini di belakang Alex Rins.

Performa Alex Marquez yang 'telat panas' ini diyakini membuat Honda menyesal telah menggesernya dari posisi rider tim pabrikan untuk diisi oleh Pol Espargaro. Apalagi pergantian itu terkesan terburu-buru, sebab diumumkan saat musim 2020 belum dimulai sama sekali.

Namun Crutchlow menyebut Honda tak melakukan blunder. Rider LCR Honda itu meyakini adik Marc Marquez itu bisa tetap kompetitif meski pindah ke tim satelit, sebab ia akan dibekali dengan spek mesin yang sama dengan Marc dan Espargaro.

"Tidak, saya pikir Honda mengambil keputusan berdasarkan insting mereka. Mereka menggunakan insting mereka berdasarkan apa yang mereka ketahui tentang kejuaraan ini. Saya pikir tak ada yang salah," kata Crutchlow, dikutip dari Motorsport.

"Sekarang, seperti yang kalian lihat, Alex layak tampil di MotoGP, dia juga layak berada di timnya saat ini (Repsol Honda). Dia memiliki kontrak bersama Honda, dia juga akan mendapat mesin pabrikan tahun depan."

"Saya pikir tim saya (LCR Honda) adalah tim yang bagus dan mau di tim yang manapun dia tetap akan tampil baik. Memang, ada sumber daya tertentu di tim pabrikan, tapi saya yakin dia tak akan khawatir soal itu," jelas rider asal Inggris itu.

Kontrak Crutchlow bersama LCR Honda akan habis di musim ini. Alex Marquez-lah yang akan mengisi tempatnya musim depan, menemani Takaaki Nakagami.

(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com