detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Jumat, 06 Nov 2020 06:00 WIB

Anggota Keluarga Positif Corona, Iker Lecuona Absen di MotoGP Eropa

Adhi Prasetya - detikSport
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 20: Iker Lecuona of Spanish and Team KTM Tech 3 speaks with journalists during the MotoGP Tests in Valencia at Ricardo Tormo Circuit on November 20, 2019 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Lecuona dipastikan absen di MotoGP Eropa. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jakarta -

Iker Lecuona dipastikan absen di MotoGP Eropa akhir pekan ini. Rider Red Bull KTM Tech3 itu harus menjalani masa isolasi setelah salah satu anggota keluarganya terkena COVID-19.

Diberitakan situs resmi MotoGP, Lecuona sebetulnya tidak terinfeksi virus Corona, berdasarkan hasil tes pada Selasa (3/11/2020) lalu. Justru saudara laki-laki pebalap 20 tahun itu yang dinyatakan positif.

Masalahnya, Lecuona tinggal di Andorra bersama saudaranya itu, yang juga merangkap sebagai asistennya. Akibatnya, ia juga harus ikut menjalani masa karantina. Di negara tersebut, waktu yang ditetapkan adalah 10 hari, sehingga ia tak mungkin berangkat ke Valencia, lokasi digelarnya MotoGP Eropa.

"Kami sedih karena harus mengumumkan Iker Lecuona tak bisa tampil di MotoGP Eropa akhir pekan ini," kata manajer tim, Herve Pocharal, dikutip dari situs resmi Tech3.

"Sejauh ini, dia dinyatakan negatif COVID-19, tetapi saudaranya dinyatakan positif, sehingga otoritas Andorra memasukkannya ke dalam daftar orang yang diawasi karena berkontak dengan pasien."

"Hari ini (5/11) dia akan dites lagi, namun sekalipun hasilnya negatif, dia tetap harus tinggal di rumahnya di Andorra selama 10 hari," jelasnya.

Dengan demikian, Tech3 hanya akan diwakili oleh Miguel Oliveira di MotoGP Eropa. Meski demikian, Lecuona masih berpeluang turun di MotoGP Valencia pada Minggu (15/11). Syaratnya, ia harus negatif COVID-19 pada tes hari Rabu (18/11) mendatang.

Iker Lecuona merupakan rookie di MotoGP 2020, seperti halnya Brad Binder dan Alex Marquez. Namun sejauh ini, koleksi poinnya paling rendah di antara ketiganya.

Rider kelahiran Valencia itu tak pernah finis di luar zona poin, namun ia gagal finis 4 kali dari 11 balapan yang sudah digelar. Selama 7 kali finis, posisi terbaiknya hanya di urutan kesembilan, sehingga sejauh ini baru memperoleh 27 poin.



Simak Video "Iker Lecuona Absen di MotoGP Eropa 2020 Meski Negatif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com