detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 14 Nov 2020 10:30 WIB

Tampil Jeblok di FP 1 & 2 MotoGP Valencia, Rossi Keluhkan Motornya

Bayu Baskoro - detikSport
SPIELBERG, AUSTRIA - AUGUST 20: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team looks on during the press conference pre event during the MotoGP Of Styria - Previews at Red Bull Ring on August 20, 2020 in Spielberg, Austria. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi mengeluhkan motornya usai tampil jeblok di sesi latihan bebas MotoGP Valencia. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Valencia -

Valentino Rossi mengeluhkan kondisi motor yang ditungganginya. Rider tim Monster Energy Yamaha itu menilai motornya tak lebih cepat dari yang sebelumnya.

Rossi meraih hasil kurang memuaskan saat sesi latihan pertama dan kedua MotoGP Valencia 2020 di Sirkuit Riccardo Tormo, Jumat (13/11/2020). The Doctor terlempar dari 10 besar catatan waktu terbaik.

Pada sesi free practice pertama, Rossi menempati urutan ke-13 dengan catatan waktu 1 menit 31,545 detik. Posisi rider 41 tahun itu melorot dalam sesi latihan bebas kedua dan harus puas di peringkat ke-18.

Selepas dua sesi tersebut, Valentino Rossi menyampaikan keluhan yang dialaminya selama menggeber motor YZR-M1. Tunggangannya itu dinilainya kurang memuaskan, hingga dia mempertanyakan apakah motornya tersebut lebih baik daripada motor A-spec yang digunakan Franco Morbidelli di tim Petronas Yamaha.

Seperti diketahui, Morbidelli adalah satu-satunya pebalap tim Yamaha yang masih menggunakan motor A-spec keluaran tahun 2019. Adapun Rossi, Maverick Vinales dan Fabio Quartararo sudah memakai motor YZR-M1 2020 yang memiliki level satu tingkat di atas kepunyaan Morbidelli.

Kendati demikian, Morbidelli tetap mampu tampil lebih baik ketimbang The Doctor. Jebolan VR46 Academy itu sempat meraih posisi kedua di sesi latihan pertama, meski akhirnya dia melorot ke peringkat ke-13 pada free practice kedua.

"Saya baru berbicara dengan Maverick, kami punya masalah yang kurang lebih sama: pergerakan motor terlalu besar di belakang dan kami memiliki sedikit cengkraman di ban depan," kata Rossi, dilansir dari Speedweek.

"Saya belum mendengar kabar dari Quartararo, saya hanya berbicara sebentar dengan Franco, yang cukup puas. Franco sangat cepat sekali," dia menambahkan.

"Saya pikir dia memiliki kecepatan terbaik - dan dia menggunakan motor tua. Kami masih memperdebatkannya, tapi menurut saya performa kedua motor tersebut tidak terlalu berbeda," demikian kata Valentino Rossi.



Simak Video "Kutukan Front Row Takaaki Nakagami"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com