detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Minggu, 15 Nov 2020 21:30 WIB

Setelah Dua Dekade Suzuki Juara Dunia Lagi

Lucas Aditya - detikSport
Spains rider Joan Mir of the Team SUZUKI ECSTAR celebrates his victory on the podium after wining the MotoGP race during the European Grand Prix in Valencia, Spain, Sunday, Nov. 8, 2020. (AP Photo/Alberto Saiz) Suzuki mempunyai juara dunia lagi setelah dua dekade, Joan Mir. (Foto: AP/Alberto Saiz)
Jakarta -

Joan Mir berhasil mengunci gelar juara dunia MotoGP 2020. Usai dua dekade berlalu, Suzuki pun menjadi juara dunia lagi.

Di MotoGP Valencia 2020, Mir finis di posisi ketujuh. Dengan tambahan 9 poin di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (15/11/2020), si rider Spanyol meraup 171 poin.

Raihan angka itu sudah tak bisa dikejar pesaing terdekatnya dengan satu seri tersisa. Franco Morbidelli, pemenang MotoGP Valencia, yang ada di posisi kedua dengan torehan 142 poin.

Terakhir kali Suzuki mengantarkan pebalap menjadi juara dunia pada MotoGP 2010. Rider Amerika Serikat, Kenny Roberts Jr, yang diantarkan memuncaki klasemen MotoGP 2000.

Di sepanjang MotoGP 2020, Mir memang menunjukkan performa yang konsisten. Dalam 13 balapan yang dijalani, dia mampu tujuh kali finis tiga besar. Kemenangan pertama diraih Mir pada pekan lalu, saat menjuarai MotoGP Eropa.

Mir meraih podium kedua di MotoGP Austria, MotoGP Emilia Romagna, dan MotoGP Catalunya. Sementara podium ketiga didapat oleh pebalap 23 tahun itu di MotoGP San Marino, MotoGP Aragon, dan MotoGP Teruel.

Keberhasilan Mir ini menjadi kado untuk Suzuki saat merayakan ulang tahun yang ke-100. Selain itu, MotoGP juga mempunyai juara dunia baru setelah 7 tahun.

Marc Marquez begitu dominan dalam rentang itu, dengan meraih sebanyak enam gelar juara dunia. Jorge Lorenzo sekali menjadi penyela dengan menjuarai MotoGP 2015.



(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com