detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 17 Nov 2020 11:06 WIB

Nasihat Jorge Lorenzo untuk Joan Mir Sang Juara MotoGP 2020

Yanu Arifin - detikSport
VALENCIA, SPAIN - NOVEMBER 15: Joan Mir of Spain and Team Suzuki ECSTAR  celebrates the victory of 2020 championship of MotoGp season at the end of the MotoGp race during the MotoGP of Comunitat Valenciana at Comunitat Valenciana Ricardo Tormo Circuit on November 15, 2020 in Valencia, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Rider Suzuki Joan Mir merayakan keberhasilannya menjadi juara dunia MotoGP 2020. (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valencia -

Joan Mir berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2020. Rider Suzuki Ecstar itu mendapat nasihat dari sesama juara, Jorge Lorenzo.

Mir menjadi juara MotoGP 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, dalam MotoGP Valencia, Minggu (15/11/2020). Sukses pebalap 23 tahun itu sedikit dinaungi keberuntungan.

Rival Mir dalam persaingan juara, Fabio Quartararo, mengalami crash di Valencia. Pebalap Petronas Yamaha SRT itu gagal melanjutkan race, sehingga gagal pula menambah poin.

Adapun Mir, meski tak menang, bisa finis di urutan ketujuh. Hasil itu sudah cukup membawa Mir tetap mempertahankan posisinya di peringkat pertama klasemen MotoGP.

Dengan menyisakan satu race lagi di Portugal, Mir kini mengoleksi 171 poin. Adapun Quartararo jadi melorot ke posisi lima dengan 125 poin, dan peringkat dua direbut rekan setimnya, Franco Morbidelli, dengan 142 poin. Sementara posisi tiga dan empat diisi Alex Rins (Suzuki) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha).

Bagi Mir, gelar ini membuat Jorge Lorenzo begitu senang. Sebab, wilayah Mallorca kembali menyumbang juara dunia lewat sosok Mir. Sebelumnya, Lorenzo sendiri sudah punya tiga gelar juara dunia, yang semuanya ia raih saat masih membalap untuk Yamaha.

Lorenzo dan Mir bahkan sempat bercengkerama lewat konferensi video. Dalam kesempatan itu, Lorenzo memberi nasihat kepada juniornya.

"Seperti yang saya katakan kepada Anda di sini: fokuslah pada diri Anda sendiri, gaya balapan Anda, dan bukan pada hal-hal negatif," kata Lorenzo, seperti dilansir Marca.

"Anda melakukannya dengan sempurna. Selamat menikmati," katanya.

Mir sendiri mengaku menjadikan Lorenzo rujukannya dalam balapan. Mental balapannya tak lepas dari pengaruh Lorenzo.

"Terima kasih. Anda selalu menjadi referensi bagi saya, untuk cara Anda menghadapi balapan dan ketenangan Anda," katanya.

"Saya selalu seperti anak kecil ketika melihat anda. Anda selalu menunjukkan kekuatan mental yang hebat. Sekarang, saya melihat apa yang Anda tunjukkan lebih dari apa yang Anda jalani. Saya gugup, tetapi Anda tidak bisa melihatnya. Anda sangat pintar tentang itu," puji Rins.

(yna/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com