detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 08 Des 2020 09:45 WIB

Janji Marc Marquez Andai Bisa Kembali Balapan di MotoGP

Bayu Baskoro - detikSport
Repsol Honda Teams Spanish rider Marc Marquez makes the victory sign on the sidelines of the Andalucia Grand Prix at the Jerez race track in Jerez de la Frontera on July 26, 2020. - Marquez will not start the Andalucia MotoGP in Jerez after dropping out of qualifying four days after an operation on a broken arm. (Photo by JAVIER SORIANO / AFP) Marc Marquez harus menepi lama usai jalani operasi ketiga. (Foto: AFP/JAVIER SORIANO)
Jakarta -

Marc Marquez harus beristirahat lebih lama usai menjalani operasi ketiga. The Baby Alien menjanjikan satu hal apabila dia bisa kembali balapan. Apa itu?

Marquez mengalami kecelakaan hebat pada seri pertama MotoGP 2020 di Spanyol pada Juli lalu. Crash tersebut membuat lengan kanan rider Repsol Honda itu patah dan harus dioperasi.

Seusai operasi pertama, Marquez langsung turun di MotoGP Andalusia satu pekan berikutnya. Namun, dia akhirnya memilih tak ikut balapan setelah lengannya bengkak dan dirinya harus kembali naik meja bedah untuk kedua kalinya pada Agustus 2020.

Proses pemulihan Marc Marquez selepas operasi kedua berjalan lambat, hingga dirinya harus melewatkan sisa musim MotoGP 2020. Diketahui, juara dunia enam kali MotoGP itu mengalami pseudoarthrosis alias tulang lengannya yang patah belum menyatu dengan sempurna.

Akibatnya, Marquez harus menjalani operasi ketiga pada awal Desember ini. Pria 27 tahun itu mesti menjalani rehabilitasi selama enam bulan dan diprediksi baru bisa balapan lagi pada Juni 2021.

Marquez pun menerima keputusan untuk menunda comeback dirinya di MotoGP hingga enam bulan ke depan. Dia tak ingin mengulangi kesalahan saat di Andalusia dan fokus untuk pemulihan diri.

Marquez bahkan berjanji akan tetap menampilkan gaya agresifnya di lintasan apabila dirinya sudah sembuh 100 persen. Pria Spanyol itu mengaku tak kapok mengambil risiko besar saat memacu motornya demi memenangkan perlombaan.

"Comeback pertama saya di bulan Juli memang tergesa-gesa. Itu sebabnya saya hanya akan kembali ke kejuaraan dunia ketika saya 100 persen fit," kata Marquez, dikutip dari Speedweek.

"Saya tidak pernah ragu kalau saya tak akan sama lagi ketika saya kembali, jadi saya akan menunggu sampai saya benar-benar sehat. Saya tidak mau tangan kanan saya terhalang saat balapan," dia menambahkan.

"Tubuh saya dan diri saya sendiri harus mampu mengambil risiko yang sama seperti sebelumnya, itu sudah DNA saya. Itu adalah metode yang selalu saya lakukan dan yang telah membentuk diri saya," demikian kata Marc Marquez.



Simak Video "Lihat Lagi Duel Panas Dovizioso Vs Marc Marquez di MotoGP!"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com