Bersama Valentino Rossi, Timnya Bidik '3 in 1' Musim Depan

Kris Fathoni W - Sport
Rabu, 16 Des 2020 11:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 26: Valentino Rossi of Italy and Monster Energy Yamaha MotoGP Team celebrates with Franco Morbidelli of Italy and Petronas Yamaha SRT (L) at the end of the MotoGP qualifying practice during the MotoGP of Catalunya: Qualifying during qualifying for the MotoGP of Catalunya at Circuit de Barcelona-Catalunya on September 26, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Valentino Rossi dan Franco Morbidelli, andalan Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2021. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Valentino Rossi membela Petronas Yamaha SRT di MotoGP 2021. Yakin bisa bikin Rossi ngebut lagi, tim Petronas juga mengincar '3 in 1' pada musim depan.

Pencapaian sebagai tim satelit Yamaha pertama yang meraih kemenangan di MotoGP sudah berhasil direngkuh Petronas Yamaha pada gelaran MotoGP 2021.

Hasil itu terjadi seiring keberhasilan Fabio Quartararo memenangi seri pertama MotoGP 2020 di Jerez, Spanyol. Quartararo sekaligus menjadi rider pertama yang memenangi race MotoGP buat sebuah tim satelit Yamaha.

Tak cuma itu, Fabio Morbidelli yang jadi rekan satu timnya pun tampil tak kalah menggigit di MotoGP 2020. Bahkan di klasemen MotoGP 2020 pada akhir musim, Morbidelli berhasil menjadi runner-up di atas Quartararo yang finis kedelapan.

Untuk MotoGP 2021, Fabio Quartararo meninggalkan Petronas Yamaha SRT untuk bergabung dengan tim pabrikan Yamaha. Tempatnya digantikan Valentino Rossi yang bakal bahu-membahu dengan Fabio Morbidelli.

Kubu Petronas Yamaha sebelumnya sudah melontarkan optimismenya mengenai kedatangan Rossi. Secara spesifik, mereka yakin bisa menyediakan atmosfer tepat agar bikin The Doctor melaju kencang lagi usai musim tak memuaskan di MotoGP 2020.

Tak cuma itu, tim Petronas bahkan punya optimisme dan harapan lain untuk gelaran kejuaraan dunia grand prix pada musim depan: '3 in 1' alias meraih kemenangan di tiga kelas berbeda pada satu akhir pekan balapan yang sama.

"Keinginan utama saya adalah para rider kami memenangi ketiga kelas di akhir pekan (yang sama). Kita sudah lihat di Misano bahwa kami bisa memenangi dua dari tiga kelas, seperti dibuktikan Franco dan John (McPhee, Moto3)," ujar Direktur Tim Petronas Johan Stigefelt seperti dilansir Crash.net.

"Menang di hari yang sama pada ketiga kelas adalah sesuatu yang belum pernah dilakukan, jadi bakal jadi pencapaian tersendiri jika kami menjadi yang pertama melakukannya. Itu merupakan sebuah target besar, tapi saya pikir kami bisa melakukannya!" ucapnya.

Di MotoGP 2021, Valentino Rossi dan Fabio Morbidelli jadi andalan tim Petronas Yamaha SRT. Sementara di kelas Moto2, ada nama Jake Dixon dan Xavi Vierge untuk tim Petronas Sprinta Racing. Dengan nama tim yang sama, di Moto3 ada nama John McPhee dan Darryn Binder.

(krs/raw)