detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Rabu, 10 Feb 2021 09:25 WIB

Kilas Balik Valentino Rossi Vs Marc Marquez 2015, Kamu Tim Siapa?

Tim detikcom - detikSport
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - MAY 02: Valentino Rossi of Italy and Yamaha Factory Racing (R) speaks and Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team looks on during a press conference prior to the MotoGp of Spain at Circuito de Jerez on May 02, 2019 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Kilas Balik Valentino Rossi Vs Marc Marquez 2015, Kamu Tim Siapa? (Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Jakarta -

Rivalitas Valentino Rossi Vs Marc Marquez muncul lagi seiring komentar The Doctor soal Baby Alien. Kalau detikers, timnya Rossi atau Marquez?

Dalam sebuah wawancara baru-baru ini, Rossi menyinggung lagi insiden dengan Marquez di MotoGP 2015. Rider 41 tahun itu belum bisa memaafkan manuver Marquez dalam kejuaraan dunia saat itu.

Panasnya persaingan di 2015 memang menghadirkan sejumlah insiden Rossi Vs Marquez. Puncaknya adalah di MotoGP Malaysia, yang bikin Rossi kena hukuman pada seri pamungkas di Valencia. Sanksi itu pada akhirnya berimbas pula pada kegagalan Rossi menjadi juara dunia.

Dalam wawancara dengan Corriere della Sera, Valentino Rossi mengaku bersimpati pada kondisi Marc Marquez yang praktis tak bisa bersaing sepanjang musim 2020 karena cedera. Tapi ia turut menegaskan dirinya masih sakit hati dengan kejadian di 2015.

"Apa yang ia lakukan kepadaku, aku tidak bisa memaafkan dirinya. Ketika aku mengenang momen-momen itu, dengan enam tahun sudah berlalu, perasaanku masih sama seperti dulu. Sepertinya di masa depan pun (perasaan itu) sulit berubah," ucap Valentino Rossi.

Paling tidak ada tiga insiden panas di antara keduanya pada musim 2015 itu yakni di Argentina, Assen-Belanda, dan Sepang-Malaysia. Rossi tampaknya sulit melupakan karena Marc Marquez, yang menjelang seri-seri penentu relatif sudah tak terlibat dalam persaingan gelar juara dunia, dianggapnya telah memberi bantuan buat Jorge Lorenzo yang akhirnya memang menjadi kampiun MotoGP 2015.

Sekian tahun berlalu, hal itu bukan cuma masih segar dalam kenangan Valentino Rossi tapi juga pembaca detikSport. Ada yang menyebut-nyebut bahwa cedera yang menimpa Marc Marquez pada gelaran MotoGP 2020 adalah karena 'kualat' dengan Rossi. Di sisi lain, ada pula yang mengingatkan kalau dulunya pun Rossi sama 'bengal' seperti Marc Marquez.

"marquez emang ngeselin saat itu tapi sama aja sih sebenernya dengan rossi zaman mudanya hehehe, biaggi vs rossi," demikian salah satu komentar detikers.

Di awal kariernya dulu Rossi, seperti halnya Marc Marquez, memang sedemikian menggebrak sehingga langsung punya banyak rival. Loris Capirossi, Sete Gibernau, dan Max Biaggi adalah tiga nama rival Rossi di era saat itu -- tak cuma di kelas primer tapi juga di 250cc.

Panasnya persaingan di lintasan pada era itu sekaligus turut memunculkan sejumlah drama yang secara langsung melibatkan Valentino Rossi. Secara khusus terkait Biaggi Vs Rossi, sempat ada momen acungan jari tengah Rossi di Jepang 2001. Rossi tampaknya kesal karena sebelum itu merasa dirinya sudah dipepet Biaggi di lintasan. Pada bulan Juni di tahun yang sama, bahkan Biaggi dan Rossi juga diduga baku hantam usai balapan di Catalunya!

Apa yang terjadi di 2015, dalam episode Valentino Rossi Vs Marc Marquez khususnya di Sepang, boleh jadi akan terus dikenang sebagai salah satu bagian dari rivalitas klasik antara dua rider top. Tapi jika kilas balik ke momen tersebut, detikers timnya Rossi atau Marquez?

Tonton juga Video: Marc Marquez Operasi Lagi!

[Gambas:Video 20detik]



(krs/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com