Marquez Berniat Tolak Terima Gaji di 2020, Honda...

Okdwitya Karina Sari - Sport
Kamis, 11 Feb 2021 20:20 WIB
BARCELONA, SPAIN - SEPTEMBER 24: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Honda speaks with journalists in paddock during the MotoGP of Catalunya: Previews at Circuit de Barcelona-Catalunya on September 24, 2020 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Marc Marquez dikabarkan menawarkan Honda agar tidak usah menggajinya untuk musim MotoGP 2020. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Marc Marquez dikabarkan menawarkan agar tidak usah digaji pada 2020 akibat cedera berkepanjangan. Honda mengapresiasi niatan Marquez, tapi tidak menyetujuinya.

Pebalap Repsol Honda itu mengejutkan setelah meneken kontrak jangka panjang sampai 2024 pada awal tahun lalu. Namun, Marquez justru melewatkan sebagian besar MotoGP 2020 karena cedera patah tulang lengan akibat kecelakaan di seri pertama.

Pada Desember lalu, pebalap Spanyol itu mesti naik meja operasi untuk ketiga kalinya demi menyembuhkan cederanya. Namun, sampai sekarang Honda belum bisa memastikan kapan Marquez akan balapan lagi.

Dalam beberapa pekan terakhir, beberapa rumor muncul tentang kemungkinan terjadinya gesekan di antara Honda dan Marquez. Dari laporan GPOne yang melansir AS, karena Marquez paham betul dengan karakeristik orang-orang Jepang, dia menawarkan agar Honda tidak perlu menggaji dia -- diyakini mencapai 15 juta euro per tahun (Rp 254,5 miliar) untuk tahun lalu.

Pabrikan berjuluk the Golden Wing itu berterima kasih kepada Marquez sekaligus menolak tawaran tersebut. Honda meyakinkan Marquez bahwa dia layak mendapatkan gajinya.

Pasalnya, Marc Marquez sudah memberikan begitu banyak kepada Honda. Sejak naik level ke kelas premier pada 2013, Marquez sukses merebut enam titel juara dunia MotoGP dengan membukukan 56 kemenangan dari 128 balapan yang diikutinya, dan 95 podium.

Marquez tidak memungkinkan untuk mengikuti satu-satunya tes pramusim MotoGP 2021 di Losail, Qatar yang dimulai pada 6 Maret. Akan tetapi, pebalap berusia 27 tahun itu banyak diyakini akan kembali ke lintasan pada akhir paruh pertama musim.

Untuk sementara Marquez akan digantikan pebalap penguji Honda, Stefan Bradl. Pada 2020, Bradl juga menggantikan Marquez dan melakoni 11 balapan.

Tonton juga Video: Marc Marquez Operasi Lagi!

[Gambas:Video 20detik]



(rin/krs)