detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 09 Feb 2021 12:40 WIB

Terkait Marc Marquez, Valentino Rossi Lempar Kritik Ini

Kris Fathoni W - detikSport
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - MAY 04:  Marc Marquez of Spain and the Repsol Honda Team watches Valentino Rossi of Italy and Movistar Yamaha MotoGP as he speaks at a press conference during previews to the MotoGP of Spain at Circuito de Jerez on May 4, 2017 in Jerez de la Frontera, Spain.  (Photo by Dan Istitene/Getty Images) Valentino Rossi dan Marc Marquez. Foto: Dan Istitene/Getty Images
Jakarta -

Valentino Rossi melempar sebuah kritikan terkait Marc Marquez. Kritik itu Rossi arahkan kepada Dorna Sports, penyelenggara hajatan MotoGP.

Kritik Rossi itu terkait dengan tindakan Dorna yang memberikan izin Marc Marquez untuk kembali ke lintasan Jerez tahun lalu, hanya beberapa hari usai turun dari meja operasi.

Pada MotoGP 2020, Marc Marquez mengalami insiden pada seri pembuka sehingga harus menjalani operasi. Tapi setelah itu ia sempat dapat izin untuk kembali ke lintasan di MotoGP Andalusia.

Pada prosesnya, kondisi Marc Marquez malah tidak kunjung membaik. Ada dua operasi lanjutan yang harus dijalani rider Spanyol itu di sisa tahun, membuatnya absen sepanjang musim.

Sehubungan dengan hal itulah Valentino Rossi mengkritik Dorna. Dalam wawancara dengan Corriere della Sera, yang dikutip Autosport, The Doctor menyebut Dorna melanggar aturannya sendiri, terkait usaha melarang rider buru-buru kembali selepas cedera -- selepas comeback Jorge Lorenzo di Assen 2013, yang terjadi hanya 48 jam setelah ia menjalani operasi.

"Kesalahan ini adalah ingin kembali kelewat cepat setelah operasi dan saya tak paham kenapa mereka (Dorna) membiarkan hal itu terjadi," kata Rossi.

"Jadi, Dr [Claudio] Costa adalah seorang pionir, ia merevolusi proses perawatan dan memangkas waktu imobilisasi. Jadi setelah Lorenzo dengan amat cepat kambali di Assen pada 2013, Dorna memberlakukan peraturan demi meminimalisir risiko."

"Terkait dengan kembalinya Marquez, mereka malah melakukan keputusan yang tidak sesuai dengan kebijakan sebelumnya," tutur Valentino Rossi dalam kritiknya tersebut.

Marc Marquez sedemikian dominan di MotoGP sejak turun di kelas primer pada 2013 dengan meraih enam gelar juara dunia. Pada rentang waktu itu, cuma dua kali MotoGP tidak memunculkannya sebagai kampiun yakni pada 2015 dan 2020.

Di 2015, Marc Marquez finis di posisi ketiga dengan Jorge Lorenzo jadi juaranya. Sementara pada 2020, saat Marquez bergulat dengan cedera, ada Joan Mir yang merebut mahkota juara dalam musim yang sangat terimbas pandemi COVID-19.

Saksikan juga 'Marc Marquez Dipastikan Absen di MotoGP Eropa, Rossi Apa Kabar?':

[Gambas:Video 20detik]



(krs/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com