detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 23 Feb 2021 19:21 WIB

Bos Gresini Racing dan Tim Indonesia di Moto3 Tutup Usia

Bayu Baskoro - detikSport
Jakarta -

Kabar duka datang dari Gresini Racing dan tim Indonesian Racing. Fausto Gresini selaku pimpinan tim meninggal dunia akibat komplikasi penyakit terkait COVID-19.

Gresini mengembuskan napas terakhirnya pada Selasa (23/2/2021) sore WIB. Pria Italia itu tutup usia dalam usia 60 tahun.

Kabar duka tersebut disampaikan tim Gresini Racing melalui akun resminya di Twitter. Gresini meninggal dunia setelah dua bulan berjuang melawan virus Corona.

"Berita yang tidak akan pernah ingin kami berikan, dan sayangnya kami terpaksa membagikannya dengan kalian semua. Setelah hampir dua bulan berjuang melawan Covid, Fausto Gresini meninggal dunia, beberapa hari setelah memasuki usia ke-60 tahun," begitu isi pernyataan resmi tim Gresini Racing via akun @GresiniRacing.

Fausto Gresini terjangkit COVID-19 pada akhir Desember 2020 dan menjalani perawatan intensif di rumah sakit di Bologna, Italia. Kondisinya sempat membaik, tapi komplikasi penyakit yang diderita akibat virus Corona menyebabkan kesehatannya memburuk hingga merenggut nyawanya.

Gresini pertama kali memulai kariernya di dunia balap sebagai rider di kelas 125cc pada 1983 hingga 1994. Pria kelahiran 23 Januari 1961 itu memenangkan titel 125cc pada tahun 1985 dan 1987.

Seusai gantung helm, Gresini banting setir ke dunia manajemen dengan mendirikan Gresini Racing pada 1997. Pada tahun 2001, Gresini Racing mampu merebut titel juara dunia 250cc dengan rider Daijiro Kato.

Gresini Racing kembali meraih juara dunia di kelas Moto2 pada tahun 2010 dengan pebalap Toni Elias. Pada 2018, gelar Moto3 didapatkan bersama rider Jorge Martin.

Pada musim 2021, Gresini Racing bekerja sama dengan PT Motora Prima Indonesia (MP1) membentuk tim Indonesian Racing. Brand untuk tim balap Indonesia ini akan berlaga di empat kelas balap berbeda, yakni MotoE, Moto3, Moto2, dan nantinya MotoGP.

Gresini Racing telah meluncurkan motor yang akan dipakai di kelas Moto2 dan Moto3 pada Rabu (17/2). Logo Indonesian Racing tersemat di dua tunggangan tersebut.

(bay/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com