detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Selasa, 30 Mar 2021 22:25 WIB

Ada Peran Cal Crutchlow di Balik Kemenangan Vinales di MotoGP Qatar

Adhi Prasetya - detikSport
DOHA, QATAR - MARCH 28:  Maverick Vinales of Spain and Monster Energy Yamaha MotoGP Team leads the field  during the MotoGP race during the MotoGP of Qatar - Race at Losail Circuit on March 28, 2021 in Doha, Qatar. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Vinales merasakan bantuan Cruthlow musim ini. Foto: (Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Maverick Vinales sukses memenangi MotoGP Qatar pada akhir pekan lalu. Rider Spanyol ini mengaku ada peran pebalap tes Yamaha, Cal Crutchlow, dalam keberhasilan tersebut.

Crutchlow baru saja direkrut sebagai test rider pada akhir tahun lalu, menggantikan Jorge Lorenzo. Pada tes pramusim, yang juga digelar di Qatar, Crutchlow pun ikut ambil bagian mengetes motor Yamaha.

Rupanya, kinerja Crutchlow betul-betul membantu Vinales. Dengan gaya balapan yang mirip, rider Inggris itu membantu Vinales menemukan setelan motor YZR-M1 yang pas untuknya. Dengan begitu, Vinales bisa lebih fokus membalap.

"Gaya membalap kami mirip. Saya terkejut, karena di hari terakhir tes, saya mencoba motornya dan rasanya betul-betul pas buat saya," kata Vinales soal Crutchlow, dikutip Autosport.

"Hal itu membuat saya tetap konsentrasi pada balapan, bukannya mencoba hal-hal lain. Mentalitas yang seperti ini benar-benar berbeda dibandingkan musim lalu, sebab terkadang kami perlu mengetes banyak hal."

"Saya berharap semuanya lancar, tapi biasanya sih tidak kalau kami mencobanya di akhir pekan saat balapan. Dan situasi saat ini membuat kami lebih tenang, karena kami tahu kalau Cal bilang sesuatu sudah bagus, ya itu memang bagus."

Cal Crutchlow.Cal Crutchlow. Foto: Twitter @YamahaMotoGP

"Inilah yang saya yakini, dan dalam beberapa hari ke depan Cal akan mengetes motor lagi, dan kami akan bekerja lagi terutama di bagian tenaga motor, karena kadang-kadang terlalu berlebihan dan kami perlu memperbaikinya," kata Vinales.

Vinales finis pertama pada balapan di Sirkuit Losail, Minggu (28/3/2021) lalu. Ia berhasil mencatatkan waktu 42 menit 28,663 detik. Ia akan berusaha kembali meraih kemenangan di seri kedua, yakni MotoGP Doha, pada Minggu (4/4) mendatang.

Simak Video: Vinales Juarai Seri Pembuka MotoGP 2021 Qatar

[Gambas:Video 20detik]



(adp/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com