detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Sabtu, 24 Apr 2021 19:45 WIB

Marquez Masih Terkendala Fisik Saat Comeback, Kapan Bisa 100% Fit?

Okdwitya Karina Sari - detikSport
PORTIMAO, PORTUGAL - APRIL 18: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Honda prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP of Portugal - Race at Autodromo Internacional Do Algarve on April 18, 2021 in Portimao, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Marc Marquez belum tahu kapan bisa 100 persen fit. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Marc Marquez masih mengalami hambatan fisik saat balapan di MotoGP Portugal. Rider Repsol Honda itu mengaku belum tahu kapan bisa kembali bugar sepenuhnya.

Marquez akhirnya melaju di atas lintasan lagi setelah absen selama hampir setahun. Dia berhasil finis ketujuh di lintasan Sirkuit Internasional Algarve dengan selisih 13,2 detik dari Fabio Quartararo, yang memenangi balapan.

Namun, pebalap Spanyol itu tidak menjalani balapan dengan mulus. Di putaran-putaran terakhir, Marquez kesulitan dengan siku tangannya.

Marc Marquez dilarang untuk berlatih dengan motor saat tidak balapan. Ditambah dengan macam-kacam karakter sirkuit di MotoGP 2021, juara dunia delapan kali itu tidak bisa memastikan kapan fisiknya bisa kembali prima seperti dulu.

"Terus terang, aku tidak tahu karena itu tergantung pada sirkuitnya, apakah lintasannya mengandalkan fisik atau tidak," jawab dia saat ditanya kapan dia akan kembali ke kondisi terbaik.

"Sebagai contoh, di tujuh putaran terakhir [di Portugal] aku bahkan tidak bisa menggunakan sikuku untuk menyentuh tanah. Aku menunggangi motor dengan cara yang sangat aneh dan aku tidak bisa melakukan apapun," kata dia di Motorsport.

"Poin penting lainnya yang sudah kami bicarakan dengan dokter sebelum balapan ini dan comeback ke kompetisi artinya latihan di rumah harus lebih sedikit. Itu artinya, sekarang dari balapan satu ke balapan lain aku tidak akan menunggangi motor apapun, aku hanya bisa latihan di sasana tiga, empat kali paling banyak dan dengan beban [latihan] yang kecil, karena tulangnya sih tidak apa-apa, tapi tekanan yang bisa kami taruh pada tulangnya akan semakin besar."

"Jadi aku tidak bisa latihan setiap hari dan setiap pekan. Jadi ini adalah alasan lain yang tentunya akan butuh waktu untuk kembali ke kondisi fisik yang bagus. Tapi aku harus mengikuti saran dari dokter karena mereka memberiku kesempatan kembali ke atas motor MotoGP."

"Jadi sekarang aku hanya akan menunggangi motor di setiap balapan, dan kemudian setelah pemeriksaan selanjutnya kita akan melihat bagaimana tulangnya dan apakah kami bisa melakukan sedikit lebih banyak lagi. Tapi pemeriksaan berikutnya akan dilakukan setelah Jerez," Marc Marquez menambahkan.

Simak juga 'Helm Marquez Bersaudara Dijajakan di IIMS 2021':

[Gambas:Video 20detik]



(rin/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com