detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 03 Mei 2021 05:00 WIB

Gara-gara Ini Fabio Quartararo Gagal Menang Di MotoGP Spanyol

Adhi Prasetya - detikSport
French driver Fabio Quartararo during the MotoGP Spanish Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday, May 2, 2021. (AP Photo/Jose Breton) Quartararo mengalami masalah di otot lengan kanannya. Foto: AP/Jose Breton
Jerez de la Frontera -

Fabio Quartararo cuma finis di urutan ke-13 di MotoGP Spanyol 2021, meski sempat memimpin lomba. Rider Prancis itu pun membeberkan alasannya.

Di Sirkuit Jerez, Minggu (2/5/2021), Quartararo awalnya tampil meyakinkan. Menempati pole position, ia memang sempat tercecer ke urutan keempat seusai start, namun perlahan tapi pasti ia berhasil menyodok kembali ke urutan terdepan.

Bahkan ia sempat unggul hingga sekitar 1,5 detik dari Jack Miller yang mengekor di belakangnya. Namun secara perlahan jarak itu terkikis. Hingga puncaknya di lap ke-16, Miller berhasil menyalip Quartararo.

Banner MotoGP Spanyol 2021

Bukan cuma Miller, tapi sederet pebalap satu per satu ikut menyalip Quartararo. Hingga akhirnya rider Yamaha itu terlempar hingga posisi ke-13, dan bertahan sampai garis finis.

Sempat beredar kabar bahwa penurunan performa Quartararo selama balapan disebabkan masalah arm pump di lengannya, melihat ia terlihat meringis kesakitan usai melewati chequered flag. Hal itu pun dikonfirmasi olehnya.

"Saya punya masalah besar dengan lengan saya, sangat disayangkan karena saya sudah merasa tenang berada di depan," kata Quartararo seusai balapan, dikutip Crash.

"Laju motor kami sangat bagus pekan ini, dan tiba-tiba saja lengan saya tak lagi bertenaga. Saya sangat kecewa. Tapi saya bertarung sampai akhir, meski hanya bisa meraih tiga poin.

"Saya sedang memimpin satu detik kemudian saya tak lagi punya tenaga. Saya membalap dengan rasa sakit sampai enam lap, menjaga keunggulan satu poin, tapi itu mustahil. Betul-betul tak ada tenaga."

"Sebetulnya berbahaya bagi saya saat membalap di separuh akhir lomba, tapi saya tak mau berhenti. Tambahan 1-2 poin mungkin akan berguna nantinya dalam persaingan gelar, makanya saya terus berjuang," jelas Quartararo.

Quartararo memang punya riwayat masalah arm pump di lengan kanan. Ia sampai menjalani operasi pada Juni 2019 silam. Problem serupa sempat dialaminya di MotoGP Portugal tahun lalu.

Hasil ini membuat posisinya di puncak klasemen sementara MotoGP 2021 disalip oleh Francesco Bagnaia, yang finis di urutan kedua di MotoGP Spanyol. Rider Ducati itu kini mengumpulkan 66 poin, unggul 2 angka dari Quartararo.

Video 'Gagal Hat-trick, Quartararo Malah Terlempar dari 10 Besar':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com