detikSport
Follow detikSport Linkedin share
Senin, 03 Mei 2021 10:20 WIB

Valentino Rossi di Atas Kertas Beda dengan di Atas Lintasan

Kris Fathoni W - detikSport
JEREZ DE LA FRONTERA, SPAIN - MAY 02: Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT  prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP of Spain - Race at Circuito de Jerez on May 02, 2021 in Jerez de la Frontera, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images) Valentino Rossi di Atas Kertas Beda dengan di Atas Lintasan. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Jerez -

Valentino Rossi lagi-lagi finis di luar zona poin. Sirkuit Jerez di atas kertas memungkinkan Rossi tampil oke, tapi kenyataan di atas lintasan berbeda.

The Doctor harus puas finis di posisi ke-17, seperti posisi startnya, dalam balapan MotoGP Spanyol 2021 di Jerez, Minggu (2/5) malam WIB.

Dalam balapan kali ini, rider Petronas Yamaha SRT itu masih dihantui masalah grip ban belakang yang membuatnya kesulitan merangsek ke depan.

"Kami sudah berjuang sepanjang pekan, tapi aku tidak cukup kencang," kata Rossi seperti dilansir Motosan.

"Besok (hari Senin ini) ada tes dan kami bisa berusaha mencari solusi. Kami memiliki sesuatu untuk dijajal guna membuat sedikit peningkatan."

"Ada masalah dengan pengaturan motornya, aku tak bisa melaju dengan agresif. Kami butuh solusi teknis untuk masalah-masalah ini demi dapat menggeber motor sampai batasnya."

Hasil di MotoGP Spanyol kali ini bikin Valentino Rossi gagal meraih poin dari tiga seri terakhir MotoGP 2021. Sejauh ini rider kawakan berusia 42 tahun tersebut baru mampu finis di zona poin dalam seri pembuka di Losail lewat finis ke-12.

Padahal Valentino Rossi biasanya punya hasil cukup oke di Jerez, apalagi dengan motor Yamaha yang banyak disebut punya karakteristik cocok dengan sirkuit tersebut.

Banner MotoGP Spanyol 2021

The Doctor pun mengaku kalau dirinya di atas kertas bisa melaju lebih baik di Jerez. Ia pun sempat merasa bisa naik podium di Jerez seperti tahun lalu, lewat finis ketiga di seri kedua MotoGP 2020, tapi masalah yang kini dialaminya sulit untuk merealisasikan hal tersebut.

Namun, Rossi tak patah arang. Ia tetap percaya diri menghadapi dua seri berikutnya, yang di atas kertas juga memungkinkan dirinya untuk tampil lebih baik di atas lintasan.

"Agar bisa lebih cepat, Anda harus merasa optimistis dan menjaga motivasi tetap tinggi," ucapnya.

"Berikutnya ada Le Mans, tempat kami bagus di atas kertas, seperti halnya juga di Mugello. Di atas kertas, Jerez sebenarnya juga bisa oke. Motornya nyaris terasa seperti di 2020 ketika aku naik podium, tapi kali ini aku mengalami masalah-masalah."

"Di MotoGP segalanya berjalan dengan cepat sekali," tutur Valentino Rossi.

(krs/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksport.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com