Dear Marc Marquez, Masih Ingat Kecelakaan Horor di Mugello?

Kris Fathoni W - Sport
Senin, 24 Mei 2021 15:10 WIB
PORTIMAO, PORTUGAL - APRIL 18: Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Honda prepares to start on the grid during the MotoGP race during the MotoGP of Portugal - Race at Autodromo Internacional Do Algarve on April 18, 2021 in Portimao, Portugal. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Dear Marc Marquez, Masih Ingat Kecelakaan Horor di Mugello? (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Marc Marquez harus ekstra hati-hati di Mugello dalam MotoGP Italia 2021 akhir pekan ini. Ia pernah curhat soal kecelakaan paling horornya di sirkuit itu pada tahun 2013.

Dalam karier balapnya, Marc Marquez bukannya tak pernah crash di lintasan. Tapi rider Repsol Honda itu pernah mengaku bahwa insiden di Mugello tahun 2013 adalah yang paling mengerikan buatnya.

Kecelakaan pada saat itu terjadi ketika Marc Marquez sedang gaspol di sesi latihan bebas kedua. Di tikungan pertama, ia kehilangan kendali ban depan motor sampai meluncur ke pembatas sirkuit di sisi kiri. Kecepatan Marquez saat itu 338 km/jam!

Beruntung buat Marquez, ia mengaku sempat menjatuhkan diri sebelum motornya itu menabrak pembatas sirkuit. Tapi tetap saja Baby Alien tampak sempat terkapar kesakitan sebelum dibawa ke pusat medis oleh ambulans.

"Itu menjadi satu-satunya kejadian yang membuat saya ketakutan. Saya takut karena saya tahu jika saya bisa terluka parah. Insiden tersebut membuat saya kerja keras sepanjang akhir pekan itu," kata Marc Marquez dalam sebuah wawancara dengan DAZN.

[Gambas:Youtube]



"Terima kasih Tuhan, sangat sulit untuk mencari keseimbangan antara risiko dan keuntungan. Tanpa risiko tidak ada nilai lebih. Jika anda menginginkannya, maka anda harus bisa ambil risiko lebih ketimbang yang lainnya."

Akhir pekan ini, dalam MotoGP Italia 2021, Marc Marquez kembali harus menyambangi tempat yang menghadirkan kenanangan horor buatnya itu. Kewaspadaan ekstra mesti diusung, salah satunya karena kondisinya yang diprediksi belum fit benar usai kembali balapan musim ini.

Marc Marquez juga harus ingat insiden-insiden dalam race sebelum ini di LeMans dalam MotoGP Prancis 2021. Dalam race ketiganya usai comeback, rider 28 tahun asal Spanyol tersebut jatuh di lintasan. Bukan cuma sekali tapi dua kali.

Dalam kondisi balapan basah di LeMans, Marc Marquez saat itu sempat keluar pit sebagai pemimpin balapan lalu memimpin nyaris dua detik dari Fabio Quartararo di belakangnya. Tapi Marquez jatuh di tikungan 14 saat balapan menyisakan 19 putaran. Marc Marquez lantas bangkit untuk balapan lagi, tapi tak lama berselang jatuh lagi di tikungan 6. Insiden itu lantas mengakhiri balapannya di LeMans.

Tak ayal kombinasi kisah horor Mugello 2013, kondisi diri, dan insiden di balapan sebelum ini bikin Marc Marquez mesti menjalani MotoGP Italia 2021 dengan sangat hati-hati.

Lihat Video: Apesnya Marquez, Crash Saat Memimpin Balapan

[Gambas:Video 20detik]



(krs/aff)