Hasil MotoGP Italia 2021: Quartararo Menang, Marquez Crash

Randy Prasatya - Sport
Minggu, 30 Mei 2021 19:54 WIB
SCARPERIA, ITALY - MAY 28: Fabio Quartararo of France and Monster Energy Yamaha MotoGP Team   rounds the bend during the MotoGP Of Italy - Free Practice at Mugello Circuit on May 28, 2021 in Scarperia, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Scarperia -

Dari hasil MotoGP Italia 2021, Fabio Quartararo berhasil menjadi pemenang dalam race MotoGP Italia 2021. Marc Marquez gagal finis setelah crash di awal-awal balapan MotoGP Italia.

Seri keenam MotoGP 2021 digelar di Sirkuit Mugello, Minggu (23/5/2021) malam WIB. Quartararo nyaman di posisi terdepan nyaris sepanjang balapan selepas Francesco Bagnaia crash.

Persaingan sengit pada balapan ini ada di posisi kedua sampai kelima. Johann Zarco, yang sempat membuntuti Quartararo harus tercecer ke posisi empat.

Hasil MotoGP Italia 2021 ini terasa manis buat Fabio Quartararo yang meraih kemenangan ketiga di MotoGP 2021. Dia sebelumnya menang di GP Doha dan GP Portugal.

Banner MotoGP Italia 2021

Jalannya Balapan MotoGP Italia 2021

Sebuah insiden terjadi awal balapan MotoHP Italia. Enea Bastianini terjatuh saat akan kembali ke grid start sehingga harus start dari paddock.

Marc Marquez crash lagi. Di tikungan ketiga, dia terjatuh saat balapan baru berjalan satu putaran. Tak lama kemudian, Bagnaia juga crash saat memimpin race.

Fabio Quartararo lantas mengambil alih posisi terdepan di balapan. Dia bersaing ketat dengan Johann Zarco, yang tepat berada di belakang.

Persaingan sengit di posisi keempat sampai keenam saat balapan berlangsung lima putaran. Joan Mir, Alex Rins, dan Jack Miller terlibat aksi saling susul.

Quartararo makin nyaman di depan saat balapan menyisakan 13 putaran lagi. Dia meninggalkan Zarco di posisi kedua dengan keunggulan jarak tiga detik.

Di sisi lain, Miguel Oliveira, yang memulai balapan dari posisi ketujuh sangat nyaman di posisi ketiga. Jaraknya dengan duo Suzuki dan Miller cukup jauh.

Sampai balapan menyisakan 10 putaran, Maverick Vinales selaku rekan satu tim Quartararo di Monster Yamaha cuma bisa merangkak ke posisi 10 setelah start dari urutan ke-13. Valntino Rossi duduk di urutan ke-15.

Zarco perlahan jaraknya bisa dipangkas oleh Oliveira, Mir, dan Rins. Alhasil, di putaran kedelapan jelang akhir, Oliveira mampu menyodok ke posisi kedua dan Mir masuk ke urutan ketiga, yang membuat Zarco merosot keempat.

Entah apa yang terjadi oleh Zarco jelang akhir balapan. Dia turun ke urutan lima saat balapan tersisa enam putaran karena disusul oleh Rins.

Petaka untuk Rins di tikungan ke-15 saat balapan mau memasuki empat putaran terakhir. Rider asal Spanyol itu mengalami crash hingga dipastikan tidak bisa melanjutkan balapan. Tak lama berselang giliran Takaaki Nakagami keluar dari trek.

Fabio Quartararo akhirnya sukses menuntaskan balapan sebagai juara MotoGP Italia 2021. Oliveira ada di posisi kedua dan Mir ketiga.

Hasil MotoGP Italia 2021

1. Fabio Quaratararo - 41:16,344
2. Miguel Oliveira - +2,592
3. Joan Mir - +3,00
4. Johann Zarco - +3,535
5. Brad Binder - +4.903
6. Jack Miller - +6,233
7. Aleix Espargaro - +8,030
8. Maverick Vinales - +17,239
9. Danilo Petrucci - +23,296
10. Valentino Rossi - +25,146



Simak Video "MotoGP Malaysia Terancam Batal, Indonesia Bisa Gantikan?"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/cas)