Valentino Rossi Umumkan Pensiun di Pertengahan Musim 2021?

Okdwitya Karina Sari - Sport
Rabu, 09 Jun 2021 19:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - JUNE 05:  Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT  prepares to start in box during the MotoGP of Catalunya - Qualifying at Circuit de Barcelona-Catalunya on June 05, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Ada Rumor Valentino Rossi Akan Pensiun di Pertengahan MotoGP 2021. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Valentino Rossi memang sangat terpuruk di MotoGP 2021. Kabarnya, Rossi bisa saja memutuskan pensiun di tengah-tengah musim ini. Betul kah?

Peruntungan legenda balap motor itu belum juga berubah setelah berpindah tim dari pabrikan Yamaha ke tim satelitnya, Petronas SRT. Di musim ini, Rossi hanya bisa tiga kali mencetak angka dari tujuh balapan pertama. Dua kali Rossi finis di luar zona poin (Doha dan Spanyol), lalu terpaksa retired di Portimao dan terakhir di Sirkuit Catalunya usai jatuh di tikungan 10 dalam balapan akhir pekan lalu.

Dengan begini, pemilik sembilan titel juara dunia itu terbenam di peringkat 19 klasemen karena baru mendulang 15 poin. Rossi berjarak 25 poin dari rekan setimnya, Franco Morbidelli dan 100 poin dari Fabio Quartararo, rider yang menggantikan dia di Yamaha.

Spekulasi mengenai masa depan Rossi telah menjadi perbincangan sejak beberapa musim terakhir. Di awal musim ini sendiri, pebalap berusia 42 tahun mengatakan akan mengambil keputusan di paruh musim.

Akan tetapi, laporan media Spanyol El Periodico mengklaim bahwa Valentino Rossi memungkinkan akan mengumumkan pensiun saat jeda kejuaraandan tidak menuntaskan musim 2021. Sebabnya jelas, karena the Doctor menerima hasil-hasil yang terlampau buruk selama ini.

Disebutkan pula bahwa Petronas SRT sama sekali tidak mengetahui masa depan Rossi. Bahkan tidak juga team principal Razlan Razali.

"Di tim barunya itu, mereka tidak berbicara kepada dia, bukan karena hubungan keduanya buruk tapi karena respek, hampir segan. Rossi toh tetap seseorang yang tidak tersentuh di paddock," tulis El Periodico.

"Dia itu mitos, dan citra MotoGP yang dibangun dan dipertahankan dengan respek yang besar sampai kemunculan Marc Marquez. Alhasil, mereka bahkan tidak berani bertanya kepada dia apa yang terjadi dan apa yang akan dia lakukan karenanya banyak dari mereka yang khawatir akan dikejutkan dalam beberapa pekan lagi."

(rin/krs)