MotoGP Jerman 2021: Marquez Kuasai Sachsenring

Okdwitya Karina Sari - Sport
Minggu, 20 Jun 2021 20:05 WIB
Honda Spanish rider Marc Marquez steers his motorbike during the third free practice session ahead of the German motorcycle Grand Prix at the Sachsenring racing circuit in Hohenstein-Ernstthal near Chemnitz, eastern Germany, on June 19, 2021. (Photo by Ronny Hartmann / AFP)
Marc Marquez mendominasi MotoGP Jerman 2021. (Foto: AFP/RONNY HARTMANN)
Sachsenring -

Di tengah kesulitannya di musim ini, Marc Marquez tetap menjadi penguasa di Sachsenring. Marquez tampil dominan untuk tampil sebagai juara MotoGP Jerman 2021.

Pada balapan di Sirkuit Sachsenring, Minggu (20/6/2021), rider Repsol Honda itu start dari grid kelima. Johann Zarco di posisi terdepan diikuti Fabio Quartararo, Aleix Espargaro, dan Jack Miller.

Meski begitu, Marquez langsung memimpin sedari putaran pertama tanpa mendapatkan gangguan berarti dari rival-rivalnya. Miguel Oliveira finis kedua di depan Fabio Quartararo untuk melengkapi podium.

Dengan kemenangan ini, Marc Marquez terus menegaskan dirinya sebagai Raja Sachsenring. Marquez berarti sudah memenangi MotoGP Jerman sejak di kelas 125 cc pada 2010 atau sudah 11 kali beruntun!


Jalannya Balapan

Marc Marquez menjalani start bagus untuk melesat ke posisi kedua di belakang Aleix Espargaro. Namun, memasuki lap kedua Marquez sukses mengambil alih pimpinan balapan. Espargaro, Johann Zarco, Fabio Quartararo, dan Jack Miller berurutan posisi berikutnya.

Di putaran kelima, dua pebalap crash yaitu Danilo Petrucci (KTM) dan Alex Marquez (LCR) di tikungan pertama. Keduanya sama-sama out. Sementara itu, Marquez masih terus memimpin di depan Aleix Espargaro, Zarco, Miller, dan Miguel Oliveira.

Lorenzo Salvadori, yang menunggangi Aprilia jatuh hingga terseret ke gravel di tikungan 10. Valentino Rossi cuma bisa memperbaiki posisinya ke urutan 14 setelah start dari grid 16.

Jack Miller mulai menyeruak untuk posisi kedua di depan Oliveira dan Espargaro. Marquez kini unggul 1,7 detik dari Miller di putaran ke-12. Sementara itu Maverick Vinales secara mengejutkan tercecer di posisi paling belakang (19).

Pertarungan untuk posisi kedua cukup ketat. Oliveira kembali menyalip Miller, Espargaro keempat di depan Quartararo dan Zarco. Marquez nyaris unggul dua detik di posisi terdepan pada putaran kelima belas.

Pada putara ke-20, Quartararo menyodok ke tiga besar setelah menyalip Miller. Marquez di depan dengan selisih 1,6 detik dari Oliveira di posisi kedua. Miller dan Aleix Espargaro melengkapi lima besar.

Oliveira mulai mendekati Marquez di putaran ke-23 dengan jarak 1,3 detik saja. Sedangkan, Oliveira membuka jarak yang besar dengan Quartararo di posisi ketiga dengan nyaris menyentuh empat detik!

Pada awal putaran ke-26, gap antara Marquez dan Oliveira semakin dekat, tidak sampai satu detik. Di rombongan tengah, Brad Binder sukses menembus lima besar di depan Espargaro dan di belakang Miller.

Kemenangan Marquez sudah di depan mata. Pada dua putaran terakhir, Marquez masih unggul lebih dari dua detik dari Oliveira, yang tampaknya akan naik podium kedua karena unggul lima detik dari Quartararo di belakangnya.

Akhirnya, chequered flag dikibarkan Marc Marquez melintasi garis finis pertama di MotoGP Jerman. Miguel Oliveira, Fabio Quartararo, Brad Binder, dan Pecco Bagnaia berturut-turut mengisi posisi kedua hingga kelima.



Simak Video "MotoGP Jerman: Marc Marquez Rajanya Sirkuit Sachsenring"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/cas)