Marquez Juara MotoGP Jerman, tapi Masih Jauh dari Level Terbaiknya

Okdwitya Karina Sari - Sport
Senin, 21 Jun 2021 22:00 WIB
Honda Spanish rider Marc Marquez celebrates on the podium after winning the German MotoGP Grand Prix at the Sachsenring racing circuit in Hohenstein-Ernstthal near Chemnitz, eastern Germany, on June 20, 2021. (Photo by Ronny HARTMANN / AFP)
Marc Marquez menyadari belum mencapai level terbaiknya kendati memenangi MotoGP Jerman 2021. (Foto: AFP/RONNY HARTMANN)
Sachsenring -

Rider Repsol Honda Marc Marquez sukses mempertahankan kesempurnaannya di MotoGP Jerman. Meski begitu, bukan berarti Marquez sudah kembali ke performa terbaik.

Marquez meraih kemenangan untuk kesebelas kalinya di Sachsenring, Minggu (20/6) secara dominan. Start dari grid kelima, pebalap Spanyol itu melesat sedari start untuk memimpin di sebagian besar jalannya balapan.

Keberhasilan ini sedikit banyak cukup mengejutkan. Pasalnya, Marquez masih belum 100 persen usai comeback dari cedera patah tulang lengan yang memaksa dia absen nyaris setahun.

Kondisi itu berdampak pada penampilan Marquez di lima balapan pertama yang diikutinya pada MotoGP 2021. Rider berusia 28 tahun itu hanya finis ketujuh dan kesembilan di Portimao dan Jerez, kemudian retired tiga kali beruntun sampai akhirnya juara lagi di Jerman.

Bagaimanapun, yang jelas kemenangan itu menambah kepercayaan diri Marc Marquez untuk mengarungi sisa musim ini. Walaupun, Marquez sadar betul bahwa dia menghadapi jalan panjang guna kembali ke performa seperti sedia kala.

"Kemenangan ini memberiku motivasi lebih besar, tapi aku masih bukan Marc yang sama seperti di 2019," ungkap Marquez di GPOne. "Untuk mencapainya akan butuh waktu, dan aku tahu bahwa aku akan kesulitan lagi di Assen."

"Setelahnya akan ada libur musim panas, itu akan penting untukku tapi kurasa aku tidak akan menang di Austria. Aku belum pernah memenanginya, dan kurasa tahun ini pun tidak," kelakar dia.

"Di dalam olahraga, Anda jangan pernah melihat pada masa lalu, tapi sekarang aku punya motivasi lebih sekalipun aku ingin bisa lebih baik lagi. Aku tahu aku tidak akan memenangi gelar juara dunia di musim ini jadi aku tidak peduli finis di posisi berapa. Adakah yang mengingat siapa runner-up di 2005? Aku sih enggak," ceplos Marc Marquez.



Simak Video "MotoGP Jerman: Marc Marquez Rajanya Sirkuit Sachsenring"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/mrp)