MotoGP Belanda 2021: Rider Superbike Gantikan Morbidelli

Bayu Baskoro - Sport
Rabu, 23 Jun 2021 20:46 WIB
Italian rider Franco Morbidelli celebrates taking third place after the MotoGP Spanish Motorcycle Grand Prix at the Angel Nieto racetrack in Jerez de la Frontera, Spain, Sunday, May 2, 2021. (AP Photo/Jose Breton)
Franco Morbidelli absen di MotoGP Belanda 2021 akibat cedera. (Foto: AP/Jose Breton)
Assen -

Franco Morbidelli dipastikan absen dari balapan MotoGP Belanda 2021 akibat cedera. Tim Petronas Yamaha menggantikan FM21 dengan rider Superbike. Siapa dia?

Morbidelli mengalami cedera lutut usai mengalami insiden dalam sesi latihan, Selasa (22/6/2021). Pebalap 26 tahun itu harus dirawat dan tak bisa mengikuti race MotoGP Belanda akhir pekan ini.

Tim Petronas Yamaha langsung bergerak mencari rider pengganti Morbidelli. Yamaha menunjuk pebalap asal Amerika Serikat, Garrett Gerloff, untuk mengisi posisi Morbidelli di Sirkuit Assen.

Garrett Gerloff merupakan rider yang aktif di balapan Superbike. Pria 25 tahun itu sudah empat kali merebut podium di ajang World Superbike (WSBK).

Ini bukan kali pertama Gerloff ditunjuk sebagai pebalap pengganti MotoGP. Rider kelahiran Texas itu pernah menjalani sesi latihan bebas dengan tim Monster Energy Yamaha pada MotoGP Eropa 2020, menggantikan Valentino Rossi yang positif COVID-19.

Namun, Gerloff gagal mentas di MotoGP Eropa 2020 lantaran Rossi dinyatakan pulih dari COVID-19 tepat sebelum balapan digelar. Kesempatan Gerloff untuk unjuk gigi di ajang MotoGP akhirnya didapat pada MotoGP Belanda 2021.

"Saya sangat semangat dengan kesempatan kali ini. Saya bukan seseorang yang lari dari tantangan, jadi saya siap untuk bersaing di lintasan," kata Gerloff, dilansir dari laman resmi MotoGP.

"Ini akan menjadi sirkuit baru bagi saya. Saya suka mencoba trek anyar, terlihat menyenangkan, cepat, serta sangat cocok dengan gaya berkendara saya. Saya sudah tak sabar menggeber Yamaha M1 lagi, kita lihat saja," sambungnya.

"Saya merasa baik dan ingin berterima kasih kepada Yamaha dan tim karena telah mempertimbangkan saya. Ini tidak akan mudah, tapi saya akan memberikan yang terbaik," demikian kata Garrett Gerloff.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/cas)