Aleix Espargaro: Rossi Idolaku, tapi Marquez yang Terbaik

Bayu Baskoro - Sport
Sabtu, 10 Jul 2021 07:45 WIB
HOHENSTEIN-ERNSTTHAL, GERMANY - JUNE 20:  Marc Marquez of Spain and Repsol Honda Team celebrates with Aleix Espargaro of Spain and Aprilia Racing Team Gresini (L) under the podium during the MotoGP race during the MotoGP of Germany - Race at Sachsenring Circuit on June 20, 2021 in Hohenstein-Ernstthal, Germany. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Aleix Espargaro memeluk kompatriotnya, Marc Marquez. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)
Jakarta -

Aleix Espargaro tidak menutupi kekagumannya kepada rider tim Petronas Yamaha, Valentino Rossi. Di satu sisi, dia mengakui Marc Marquez sebagai yang terbaik.

Perdebatan mengenai siapa rider terbaik di antara Rossi dan Marquez kerap mencuat. Bukan tanpa sebab, keduanya memang tercatat sebagai pebalap aktif dengan koleksi juara terbanyak di MotoGP.

Rossi sudah menyabet sembilan kali juara dunia sepanjang kariernya. The Doctor adalah satu-satunya pebalap yang sukses menjadi kampiun di era GP 500 dan MotoGP.

Sementara itu, Marquez bisa dibilang rajanya MotoGP era 1000cc. The Baby Alien mengoleksi delapan juara dunia, termasuk yang diraihnya empat kali secara beruntun pada 2016-2019.

Pembahasan mengenai Rossi vs Marquez turut mendapat perhatian dari Aleix Espargaro. Pebalap tim Aprilia itu memiliki pandangan tersendiri mengenai dua pesaingnya di MotoGP 2021 tersebut.

Espargaro kagum dengan semangat Rossi yang masih mau bertarung di lintasan meski sudah berumur 42 tahun. Namun, dia tidak menampik bahwa Marquez adalah yang terbaik saat ini.

"Sulit untuk melihat bahwa anda selalu berjuang terus menerus. Saya terkadang berharap Rossi berada di depan, bahkan ketika dia menjadi lawan saya," kata Espargaro, dilansir dari Speedweek.

"Apa yang dia capai di usianya saat ini sungguh luar biasa, hasratnya sangat brutal. Saya tak mungkin mengikuti jejaknya sebagai rider di usia segitu," Espargaro menambahkan.

DOHA, QATAR - MARCH 19:  Aleix Espargaro of Spain and NGM Mobile Forward Racing speaks with Valentino Rossi of Italy and Yamaha Factory Racing (R) during the press conference during the MotoGp of Qatar - Press Conference at Losail Circuit on March 19, 2014 in Doha, Qatar.  (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)Aleix Espargaro bersama Valentino Rossi di Qatar tahun 2014. (Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp)

"Valentino adalah idola saya sejak kecil. Namun apabila anda berpikir jernih dan menganalisa lawan-lawan yang dikalahkan Marquez, maka itu jadi cerita yang berbeda. Valentino menghadapi Sete [Gibernau] dan beberapa rider Italia yang membuat hidupnya sedikit lebih sulit, tetapi Marc bertarung dengan pebalap-pebalap terbaik dunia.".

"Jika saya menyusun daftar 15 rider terbaik dalam sejarah, Marquez bisa saja mengalahkan delapan di antaranya, sedangkan Valentino tidak," demikian kata Aleix Espargaro.



Simak Video "Marc Marquez di MotoGP Belanda: Start Ke-20, Finis Ketujuh"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/pur)