Karena Kini Rossi Sudah Siap Pensiun

Okdwitya Karina Sari - Sport
Jumat, 06 Agu 2021 05:05 WIB
Spielberg -

Tanda tanya mengenai kelanjutan masa depan Valentino Rossi sesungguhnya mulai muncul sejak beberapa musim lalu. Tapi Rossi baru siap gantung helm di musim ini.

Rossi baru saja mengumumkan bahwa dia akan pensiun dari MotoGP setelah musim 2021 berakhir. Pebalap legendaris Italia itu akan menutup kariernya di balap motor setelah 26 tahun.

Namun, pertanyaan mengenai kapan Rossi akan berhenti balapan sudah mengemuka sejak performanya tampak menurun. Setelah finis ketiga di MotoGP 2018, Rossi semakin jeblok dengan finis ketujuh (2019) dan kelima belas (2020).

Pemilik sembilan gelar juara dunia tersebut akhirnya 'menyerah', setelah hasil mengecewakan yang didapatnya bersama Petronas Yamaha SRT. Rossi mantap mengambil keputusan untuk pensiun di tengah libur musim panas MotoGP 2021.

"Aku memutuskannya saat musim bergulir. Aku harus memaksa diriku sendiri untuk mengambil keputusan saat libur musim panas dan aku betul-betul memutuskannya saat periode ini," kata pebalap berusia 42 tahun itu dilansir GPOne.

"Aku memang ingin terus balapan di awal musim, tapi aku ingin tahu apakah aku cukup kencang atau tidak. Rupanya hasil-hasilnya di bawah ekspektasiku, jadi aku semakin memikirkan tentang hal itu," sambung rider yang pernah balapan untuk Honda, Yamaha, dan Ducati ini.

"Dua tahun lalu dan juga tahun lalu aku tidak siap berhenti balapan di MotoGP karena aku harus memahami dan mencoba segalanya, tapi sekarang aku baik-baik saja, aku tenang," sambung dia.

"Aku tidak bahagia, tentu saja, tapi kalau aku balapan setahun lagi, tahun berikutnya, aku tidak akan bahagia di momen yang sama karena aku ingin balapan selama 20 tahun lagi. Jadi kurasa sekarang adalah momen yang tepat," Valentino Rossi menambahkan.

(rin/pur)