Valentino Rossi: Italia Punya Masa Depan Cerah di MotoGP

Adhi Prasetya - Sport
Selasa, 21 Sep 2021 07:15 WIB
MISANO ADRIATICO, ITALY - SEPTEMBER 16:  Valentino Rossi of Italy and Petronas Yamaha SRT smiles during the press conference pre-event during the MotoGP Of San Marino - Previews at Misano World Circuit on September 16, 2021 in Misano Adriatico, Italy. (Photo by Mirco Lazzari gp/Getty Images)
Rossi yakin para juniornya akan mengikuti jejaknya menjadi juara dunia. Foto: Getty Images/Mirco Lazzari gp
Misano Adriatico -

Valentino Rossi senang dengan keberhasilan dua pebalap Italia meraih podium di MotoGP San Marino 2021. The Doctor percaya masa depan negaranya akan cerah selepas ia pensiun dari dunia balap motor tersebut.

Rossi merupakan juara dunia MotoGP terakhir dari Italia. Itu pun direbutnya di tahun 2009. Setelah itu, capaian terbaik dari rider Italia 'hanya' menjadi runner-up lewat Franco Morbidelli (2020), Andrea Dovizioso (2017, 2018, 2019), dan Rossi sendiri (2014, 2015, 2016).

Selama 9 tahun terakhir, gelar juara selalu diraih rider Spanyol, mulai dari Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Joan Mir. Meski begitu, Rossi yakin catatan itu bisa diputus di masa depan.

Morbidelli akan membalap penuh dengan motor pabrikan Yamaha musim depan. Francesco Bagnaia yang kini menempati runner-up sementara MotoGP 2021 sedang bagus-bagusnya dengan dua kemenangan beruntun di Aragon dan San Marino.

Sementara itu, Enea Bastianini yang menjadi rookie musim ini berhasil mencatat podium perdananya di MotoGP San Marino dengan finis ketiga. Padahal, ia mengendarai Ducati Desmosedici GP19, bukan GP21 seperti milik Bagnaia.

"Bastianini bukan rider dari akademi VR46, tapi dia tampil impresif di balapan ini," kata Rossi selepas MotoGP San Marino, dikutip Crash.

"Dia sangat cepat. Selama akhir pekan dia kesetanan dan saat balapan dia berhasil mencatat waktu lap tercepat. Selamat untuknya, dan aku pikir dia punya masa depan cerah. (Masa depan) Italia di MotoGP berada dalam kondisi bagus. Juga tanpa kehadiranku, dan itu hal yang positif."

"Kami juga punya Pecco (Bagnaia) yang sudah bertarung merebut gelar juara musim ini dan juga musim depan. Franco Morbidelli kupikir juga akan cepat dan kuat dengan motor pabrikan Yamaha, dia bisa bersaing merebut gelar musim depan."

"Dari akademi juga ada adikku (Luca Marini) dan mungkin (Marco) Bezzecchi. Belum resmi sih, tapi kupikir mereka dua pebalap yang sangat cepat seperti yang mereka tunjukkan di Moto2," jelas Rossi soal rider-rider muda Italia.

Lihat juga video 'Sempurna! Serba Italia ala Pecco Bagnaia':

[Gambas:Video 20detik]



(adp/ran)