MotoGP Emilia Romagna 2021: Rossi Finis ke-10 di Balapan Kandang Terakhir

Okdwitya Karina Sari - Sport
Minggu, 24 Okt 2021 21:03 WIB
Jakarta -

Rider Petronas SRT Valentino Rossi telah melakoni balapan kandang terakhirnya. Rossi finis kesepuluh di MotoGP Emilia Romagna 2021.

Pada balapan di Sirkuit Misano, Minggu (24/10/2021), Rossi memulai di urutan paling belakang alias urutan ke-23. Juara dunia sembilan kali itu kemudian memperbaiki posisinya dengan menempati peringkat kesembilan belas di putaran-putaran awal.

MotoGP Emilia Romagna 2021 dipenuhi dengan serangkaian crash. Dimulai dari Joan Mir dan Danilo Petrucci, lalu Jack Miller, Iker Lecouna, Jorge Martin, dan Francesco Bagnaia. Sedangkan Alex Marquez mesti menyudahi balapan lebih awal karena masalah teknis.

Sejumlah insiden tersebut memberi keuntungan bagi Valentino Rossi. Pebalap berusia 42 tahun itu akhirnya menyentuh garis finis di urutan kesepuluh, di belakang adik tirinya Luca Marini, dan di depan Brad Binder.



Ini menjadi finis 10 besar ketiga Rossi di kejuaraan musim ini setelah finis kedelapan di Austria dan kesepuluh di Mugello, Italia. Hasil yang cukup oke untuk menandai perpisahan dengan publiknya sendiri karena akan pensiun di akhir musim ini.

Sementara itu balapan MotoGP Emilia Romagna 2021 sendiri dimenangi Marc Marquez setelah Francesco Bagnaia jatuh di putaran-putaran terakhir. Insiden Bagnaia turut memastikan Fabio Quartararo menjadi juara dunia MotoGP 2021.

Valentino Rossi kini menghadapi dua balapan terakhir dalam kariernya. Setelah Emilia Romagna, Rossi akan bertarung di Portimao, Portugal sebelum mengucap selamat tinggal pada MotoGP di seri Valencia pada 14 November mendatang.

(rin/cas)