Quartararo Juara Dunia MotoGP 2021, Presiden Prancis Kasih Selamat

Adhi Prasetya - Sport
Senin, 25 Okt 2021 11:10 WIB
Moto GP World Champion Frances rider Fabio Quartararo of the Monster Energy Yamaha MotoGP celebrates after finishing fourth the MotoGP race of the Emilia Romagna Motorcycle Grand Prix at the Misano circuit in Misano Adriatico, Italy, Sunday, Oct. 24, 2021. (AP Photo/Antonio Calanni)
Quartararo mengibarkan bendera Prancis usai memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2021. Foto: AP/Antonio Calanni
Jakarta -

Keberhasilan Fabio Quartararo menjadi juara dunia MotoGP 2021 disambut bahagia publik Prancis. Tak lupa, Presiden Emmanuel Macron pun memberi ucapan selamat.

Pada MotoGP Emilia Romagna yang digelar di Misano, Minggu (24/10), Quartararo yang start dari posisi 15 mampu melesat terus ke depan. Ia bahkan sempat berada di posisi tiga besar, sebelum disalip Enea Bastianini di lap terakhir.

Meski hanya finis keempat, Quartararo pun resmi mengunci gelar juara dunia MotoGP musim ini. Kepastian itu didapat karena rival terdekatnya, Francesco Bagnaia gagal finis karena crash saat sedang memimpin balapan.

Dengan menyisakan dua seri balapan di musim ini koleksi 267 poin milik Quartararo tak akan bisa disalip oleh Bagnaia yang baru meraup 202 poin. Ini menjadi gelar juara dunia perdana bagi Quartararo sepanjang kariernya.

Tak cuma itu, El Diablo pun berhasil menjadi rider Prancis perdana sepanjang sejarah yang memenangi gelar MotoGP/500 cc. Wajar bila pejabat seperti Macron pun tak mau melewatkan kesempatan untuk memberikan selamat.

"Balapan yang luar biasa dan musim yang luar biasa untuk Fabio Quartararo! Selamat untuk keberhasilan menjadi pebalap Prancis pertama yang menjadi juara dunia MotoGP," bunyi pernyataan Macron lewat media sosialnya dalam bahasa Prancis.

Meski sederhana, namun Quartararo tersanjung dengan ucapan tersebut. "Terima kasih, Pak Presiden," balas rider Yamaha berumur 22 tahun tersebut.

Sebelum Quartararo, sejumlah rider Prancis sebetulnya sudah pernah mencuri perhatian dengan menjadi juara dunia, namun raihan itu terjadi di kelas Moto2/250 cc atau Moto3/125 cc. Johann Zarco, Olivier Jacque, hingga Arnaud Vincent adalah beberapa nama di antaranya.

(adp/krs)